Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh, Pengamat Sarankan Pemerintah Periksa Riwayat Perawatannya

- 9 Januari 2021, 23:19 WIB
Pesawat Sriwijaya Air SJY 182 rute Pontianak-Jakarta hilang kontak hanya 4 menit setelah bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
Pesawat Sriwijaya Air SJY 182 rute Pontianak-Jakarta hilang kontak hanya 4 menit setelah bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. /Flightradar24

Literasi News - Kecelakaan tragis yang terjadi pada pesawat komersial Sriwijaya Air SJ 182 rute penerbangan Jakarta - Pontianak pada Sabtu 9 Januari 2021 mengundang tanda tanya.

Maka sebagai langkah awal investigasi penyebabnya, pengamat penerbangan menyarankan pemerintah untuk memeriksa riwayat perawatan pesawat (log book) SJ 182.

Pengamat penerbangan, Antonius Lisliyanto mengatakan, pemeriksaan riwayat perawatan Sriwijaya Air SJ 182 penting dilakukan karena pesawat tersebut sempat mengalami delay atau penundaan penerbangan.

"Kalau dalam log book, delay itu karena gangguan teknis. Maka pesawat memang sedang tidak siap," kata Antonius dikutip dari kantor berita Antara, Sabtu 9 Januari 2021.

Baca Juga: Majalengka Zona Orange!Objek WisataSudah Mulai Dibuka Hari Ini,Simak Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Dia melanjutkan, jika kecelakaan pesawat diakibatkan faktor cuaca maka pilot sudah mengetahui situasi yang akan dihadapinya.

Sang pilot akan dihadapkan kepada opsi yang di antaranya menggunakan rute alternatif dari Jakarta ke Pontianak untuk menghindari cuaca buruk.

"Asalkan tidak terlalu ekstrem, sebenarnya pesawat dirancang untuk mampu menghadapi situasi cuaca buruk," kata Antonius.

Baca Juga: Ingin Tahu Berapa Besar Dana Desa Anda,Sangat Gampang Cek Link SID Kemendesa. Begini Caranya

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah