Mengerikan, Foto Aerial Peristiwa Longsor di Garut, Nasib Puluhan Rumah di Ujung Tanduk

- 14 Februari 2021, 21:45 WIB
Foto aerial kawasan longsor kawasan  Kampung Cipageur dan Kampung Babakan Kawung, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Minggu (14/2/2021). Sebanyak 9 rumah tak bisa ditempati dan 41 lainnya terdampak. Puluhan keluarga harus meninggalkan tempat tinggalnya.
Foto aerial kawasan longsor kawasan Kampung Cipageur dan Kampung Babakan Kawung, Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Minggu (14/2/2021). Sebanyak 9 rumah tak bisa ditempati dan 41 lainnya terdampak. Puluhan keluarga harus meninggalkan tempat tinggalnya. /Aep Hendy S./

Literasi News - Longsor yang dipicu hujan deras terjadi di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Puluhan rumah terancam longsor dan mulai ditinggalkan para penghuninya.  

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan menyebutkan, longsor di Cilawu terjadi di dua kampung yaitu Kampung Cipageur dan Babakan Kawung, Desa Karyamekar.

"Kejadiannya pada Jumat, 12 Februari 2021 malam. Sebelumnya, daerah sekitar diguyur hujan sangat deras. Beberapa saat kemudian, tebing di kawasan itu longsor. Tingginya 50 meter sepanjang 500 meter," katanya, Minggu, 14 Februari 2021.

Baca Juga: Dedi Warga Ciranjang Cianjur, Diduga Jadi Korban Begal. Sepeda Motor Raib, Kepala Alami Luka Bacok

Tubagus menuturkan, dari hasil pendataan di lapangan, sebanyak 2 rumah rusak dan 19 rumah lainnya terancam ambruk. Belasan rumah yang terancam ambruk itu berada di sisi tebing yang longsor.

"Saat ini, semua penghuni rumah yang terdampak sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman," tuturnya.

Tubagus mengatakan, bencana longsor di Cilawu itu terbilang mengerikan dan besar. "Hasil pantauan melalui udara, sangat tampak sekali ancaman longsor itu. Kalau sampai terjadi longsor susulan dampaknya sangat besar karena banyak rumah yang ada di pinggir tebing itu," ucapnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim Zona Merah Covid-19 Di Jawa Barat Berkurang, Hanya Tinggal Satu Daerah

Artikel serupa telah tayang di www.pikiran-rakyat.com dengan judul "Longsor Terjang Cilawu Garut, Puluhan Rumah Warga Terdampak".

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman telah meninjau ke lokasi, Minggu 14 Februari 2021. Dia pun menyampaikan keprihatinannya atas bencana itu.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x