BANJIR PANTURA, Muncul Banyak Pemungut Dana Sumbangan, Pemda Langsung Bertindak

- 11 Februari 2021, 14:48 WIB
Sebuah sepeda motor berjalan melawan arah di jalan Pantura yang terdampak banjir di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin 8 Februari 2021. Banjir yang menyebabkan banyak warga mengungsi, memicu sejumlah pihak menggalang sumbangan di jalanan.
Sebuah sepeda motor berjalan melawan arah di jalan Pantura yang terdampak banjir di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Senin 8 Februari 2021. Banjir yang menyebabkan banyak warga mengungsi, memicu sejumlah pihak menggalang sumbangan di jalanan. /ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/

Literasi News - Bencana banjir yang menghantam sejumlah wilayah di pantai utara (pantura) Pulau Jawa, mengakibatkan ribuan rumah penduduk terendam, termasuk sawah, dan tambak-tambak. Roda ekonomi yang mulai berputar pelan, kini berhenti lagi.

Puluhan ribu warga mengungsi ke posko-posko yang disiapkan pemerintah. Namun, ada juga yang tetap bertahan atau pindah sementara ke rumah familinya yang aman.

Baca Juga: TOL CIPALI AMBLES, Kontra Flow KM 122 Diperpendek, Kondisi Terkini Arus Lalu Lintas

Di tempat pengungsian, pemerintah berupaya memastikan kebutuhan pengungsi tercukupi seperti makan, minum, tempat istirahat, hingga pengobatan. Sumbangan dari berbagai kalangan pun berdatangan.

Aksi meminta sumbangan pun marak, mengatasnamakan korban banjir. Namun, di beberapa tempat, aksi tersebut malah mengganggu arus lalu lintas sehingga pemerintah menertibkannya.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Tahap 2 Di Cianjur Mulai Berlangsung, Plt Bupati Terima Suntikan Vaksin keduanya

Seperti di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Pemda setempat menertibkan para pemungut dana sumbangan untuk korban banjir. Mereka tersebar di beberapa titik jalan pantura.

Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santosa mengatakan, banjir yang melanda di puluhan kelurahan di Pekalongan, telah menimbulkan rasa peduli warga untuk membantu mereka yang sedang mengalami musibah. Salah satu canya dengan memungut sumbangan di jalan.

Baca Juga: Buat KTP, KK dan lainnya di Purwakarta Bisa Langsung Cetak. Ada Mesin ADM, Seperti Memakai ATM. Begini Caranya

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x