Bencana Melanda Tiga Kecamatan di Kabupaten Cianjur, Pergerakan Tanah hingga Banjir Bandang

- 9 Februari 2021, 13:03 WIB
Pergerakan tanah di Kampung Cipari RT6/RW1 terjadi, Minggu 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB
Pergerakan tanah di Kampung Cipari RT6/RW1 terjadi, Minggu 7 Februari 2021 pukul 15.00 WIB /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Tiga kecamatan di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, yaitu Cipanas, Sukaresmi, dan Mande diterjang sejumlah bencana hidrometeorologi setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi beberapa hari terakhir.

Bencana hidrometeorologi yang menerjang sejumlah kecamatan di Cianjur bagian utara itu, di antaranya pergerakan tanah dan angin puting beliung terjadi di Desa Batulawang, Sindanglaya, dan Palasari di Kecamatan Cipanas.

Kemudian bencana serupa juga menerjang Desa Rawabelut di Kecamatan Sukaresmi dan banjir bandang menerjang Desa Mande di Kecamatan Mande.

Baca Juga: KPK Endus Banyak Proyek di Cimahi Dikerjakan Perusahaan Milik Wali Kota Cimahi non Aktif Ajay M. Priatna

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan, mengungkapkan bencana hidrometeorologi menerjang sejumlah kecamatan itu terjadi akibat tingginya intensitas hujan yang mengguyur kawasan tersebut.

"Curah hujan saat ini masih tinggi, sehingga beberapa titik di Cianjur Utara terjadi bencana, baik itu pergerakan tanah dan juga banjir bandang," kata Irfan, kepada wartawan, Selasa 9 Februari 2021.

Irfan mengungkapkan, jajarannya telah menerjunkan personel ke sejumlah lokasi untuk melakukan assesment.

Baca Juga: Kemenag Serahkan SK CPNS Formasi Tahun 2019

"Dampak banjir bandang tiga rumah yang dihuni tiga keluarga atau sebanyak 14 jiwa terendam banjir di Kampung Nambo, dan dua rumah terdiri dari dua keluargasebanyak 8 jiwa mengalami hal yang sama di Kampung Cikowak, Desa Murnisari," ungkapnya.

Irfan mengatakan, pergerakan terjadi di Desa Rawabelut Kecamatan Sukaresmi sudah di assesment. Adapun akibat pergerakan tanah tersebut hingga saat ini kurang lebih ada 15 rumah warga yang terdampak. Namun semuanya sudah evakuasi, mereka memilih untuk tinggal di rumah keluarganya masing-masing.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x