Evakuasi 23 Korban Longsor Sumedang di Bawah Bayang-bayang Longsor Susulan

- 13 Januari 2021, 11:20 WIB
Foto aerial peristiwa longsor di Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.
Foto aerial peristiwa longsor di Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat. /Foto: Sky Volunteer Uinspire/

Literasi News - Pukul 09.00 WIB, Rabu 13 Januari 2021, Tim SAR Gabungan menemukan lagi satu korban tertimbun longsor di wilayah Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat, bernama Ahmad Yani (32) dalam keadaan meninggal dunia.

Dengan demikian, jumlah korban belum ditemukan yang diduga masih tertimbun longsoran sebanyak 23 orang. Seluruh korban meninggal dunia dievakuasi ke Puskesmas Sawah Dadap untuk dilakukan identifikasi. 

Kepala Basarnas Bandung, Deden Ridwansyah mengatakan, proses evakuasi dilakukan seluruh Tim SAR Gabungan dengan ekstra hati-hati, mengingat ancaman longsor susulan seperti yang terjadi pada Sabtu malam 9 Januari, masih mengintai dari atas bukit.

Baca Juga: Manchester United Puncaki Klasemen Premier League Tagar OleOut Tetap Bergema, Ini Alasannya

Terlebih cuaca yang tidak menentu dengan curah hujan yang rata-rata tinggi kerap mengguyur wilayah tersebut, serta kondisi tanah yang labil tanpa tegakan pohon di atas bukit.  

"Kendala yang paling signifikan ditemukan oleh tim di lapangan yaitu cuaca yang tidak stabil dan curah hujan yang cukup tinggi, menyebabkan pergerakan tanah semakin besar yang menyebabkan potensi longsor susulan yang cukup tinggi," terang Deden dalam keterangan beritanya, Rabu 13 Januari 2021.

Selain itu juga material longsor yang cukup tebal menyulitkan tim di lapangan untuk melakukan pencarian. Namun begitu Tim SAR Gabungan, tegas Deden, tetap optimistis dan semangat dapat memaksimalkan pekerjaan dan berharap agar korban satu persatu bisa ditemukan walau dalam keadaaan yang terbatas.

Baca Juga: Penerima Vaksin Covid-19 Wajib Registrasi Sebelum Divaksin. Berikut ini Cara dan Alur Verifikasinya

Proses evakuasi hari ini, jelas Deden, sejak pukul 07.30 WIB Tim SAR Gabungan mulai melakukan pencarian korban yang tertimbun di sekitar lokasi kejadian.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x