Mencekam, Terdengar Gemuruh dan Teriakan Allahu Akbar Saat Terjadinya Longsor Susulan Sumedang

- 10 Januari 2021, 11:26 WIB
Tim SAR Gabungan tengah mengevakuasi korban longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat, yang terjadi pada Sabtu 9 Januari 2021.
Tim SAR Gabungan tengah mengevakuasi korban longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat, yang terjadi pada Sabtu 9 Januari 2021. /Dok. Kantor SAR Bandung/

Literasi News – Peristiwa longsor tebing dengan ketinggian sekitar 20 meter di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat, pada Sabtu 9 Januari 2021, terjadi dua kali. Longsor pertama terjadi pada pukul 15.30 WIB, kemudian terjadi longsor susulan pada malam harinya sekitar pukul 21.00 WIB.

Momen saat terjadi longsor susulan itulah terekam oleh warga di lokasi kejadian, yang tengah merekam penyampaian informasi mengenai data korban kepada petugas Tim SAR Gabungan. Dalam rekaman video ini terdengar suara gemuruh tanah longsor yang terjadi keduakalinya, disusul jeritan panik orang-orang yang berada di lokasi kejadian. 

Rekaman video kejadian longsor susulan yang berdurasi sekitar 1 menit itu kemudian ditayangkan oleh Channel YouTube MATAPERISTIWA TV. Dalam rekaman tersebut, tampak dua aparat kepolisian yang melakukan pencatatan data korban longsor.

Baca Juga: Kabar Gembira, Tahun 2021 Ada Bantuan Modal Kerja (BMK) Rp2,4 Juta bagi UMK. Simak Penjelasannya

Aparat itu tampak serius melakukan pembaruan data korban pada papan tulis white board berdasarkan masukan informasi dari keluarga korban.

“Ini anaknya Pak, ini akanya di Jakarta, lagi di Jakarta. Tadi saya kontek  lagi di Jakarta itu, ini dengan Dameria (korban). Ini anaknya tiga dengan perempuan…,” ucap seorang perempuan keluarga korban longsor tersebut, yang tengah memberi informasi data korban tersebut kepada petugas.

Namun belum selesai petugas berseragam polisi itu menuliskan revisi data korban, tiba-tiba terdengar suara gemuruh tanah longsor susulan. Sontak semua orang yang berada di lokasi tersebut berlari untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: Tragis, 3 Aparat Ini Tewas Tertimbun Longsor Susulan Saat Mengvakuasi Korban Longsor Cimanggung

“Wah apal lagi,” ucap seorang perempuan yang diduga tengah merekam pembaruan data korban tersebut.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x