Keren, UNPAD Ciptakan Rapid Test Antigen CePAD Untuk Tekan Penularan Covid

- 29 Desember 2020, 11:34 WIB
Ilustrasi: Petugas memeriksa hasil reagen rapid test COVID-19.
Ilustrasi: Petugas memeriksa hasil reagen rapid test COVID-19. //ANTARA//Destyan Sujarwoko

Literasi News - Produk rapid test berbasis antigen CePAD besutan tim peneliti Universitas Padjadjaran menjadi salah satu produk inovasi kebanggan nasional yang diharapkan mampu menekan kasus penularan Covid-19 di Indonesia.

Bersama dengan produk rapid test GeNose karya peneliti Universitas Gadjah Mada, CePAD Unpad dikenalkan Menteri Riset dan Teknologi RI Prof. Bambang Brodjonegoro dalam konferensi pers virtual.

“Dua inovasi anak bangsa ini mempunyai peran sangat penting dalam penanganan Covid-19 terutama dalam pelaksanaan 4T (testing, tracing, tracking, dan treatment),” ujar Menristek.

Menristek menjelaskan, CePAD dan GeNose merupakan dua produk inovasi yang dikategorikan alat untuk melakukan pendeteksian cepat terhadap keberadaan Covid-19 pada manusia. Dua produk ini tidak terkategorikan sebagai tes cepat berbasis antibodi, tetapi memiliki sasaran pengujian yang berbeda.

Baca Juga: Sale Akhir Tahun, Berikut Harga Oppo Desember 2020

“Kita dorong alat ini bisa digunakan di tempat publik, sehingga kegiatan ekonomi tetap berjalan tetapi dengan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Produk rapid test CePAD yang dikembangkan Dosen Kimia FMIPA Unpad Muhammad Yusuf, PhD, dan tim berfungsi melakukan deteksi cepat melalui uji antigen virus Corona diambil dari sampel nasal swab. Uji ini mendeteksi protein virus dengan viral load tinggi di awal infeksi.

Hasil dari tes CePAD relatif cepat yaitu sekitar 15 menit dengan tingkat akurasi yang tinggi. Apalagi, lanjut Menristek, tes antigen sendiri sudah mendapat rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO serta rekomendasi dari Perhimpunan Patologi Klinis Indonesia.

Baca Juga: Liga Inggris Pekan 16 Dini Hari Nanti, 5 Laga akan Dimainkan. Berikut Jadwal dan Siaran Langsungnya

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x