Ada Candi di Indramayu? Tim Cagar Budaya Temukan Struktur Bata Unik

- 13 Desember 2020, 20:40 WIB
Bangunan yang diduga candi hasil ekskavasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten.
Bangunan yang diduga candi hasil ekskavasi Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten. /TACB Indramayu/

 

Literasi News - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, menemukan struktur yang diduga kuat merupakan bangunan candi. Hal itu ditemukan saat tim melakukan ekskavasi terhadap temuan struktur bata di Desa Sambimaya.

"Kami berhasil menemukan 21 susunan lapisan bata merah dan menemukan sudut bangunan yang diduga candi," kata Ketua Tim Penelitian Dan Penyelamatan Situs Dingkel Indramayu Soni Prasetiya Wibawa, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 13 Desember 2020.

Baca Juga: Asep Hilang Terbawa Arus Sungai Cibuni, Tim SAR Gabungan Masih Lakukan Pencarian

Soni mengatakan, tim juga menemukan lantai bangunan dan fragmen atau pecahan stupa yang berbahan bata merah. Tidak hanya itu, ada juga beberapa temuan lain seperti pecahan keramik Eropa, fragmen tepian gerabah dan arang.

"Temuan di situs Dingkel ini sangat menarik bagi tim," katanya.

Arkeolog senior sekaligus ahli candi Indonesia, Prof Dr Agus Aris Munandar menyatakan, situs Dingkel ini merupakan sebuah kawasan atau kompleks permukiman umat Budha pada masa itu.

Baca Juga: Atletico Madrid Akhirnya Telan Kekalahan Pertamanya Musim Ini, Ditumbangkan Real Madrid

Melihat dari hasil temuannya, Agus tidak menampik bahwa situs tersebut memiliki kesamaan dengan situs Batujaya di Karawang dan situs Muaro Jambi di Jambi.

"Saya meyakini, ada reruntuhan stupa besar di kawasan itu dan perlu dilakukan penelitian dan ekskavasi secara berkala agar segera terungkap," katanya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x