Kalau Ditanya, Ada Berapa Jenis Binatang di Relief Borobudur, Ini Jawabannya

- 10 Desember 2020, 17:21 WIB
Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah
Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah /kemenpar/


Literasi News - Ucapan terima kasih perlu diucapkan kepada para perajin di masa lalu yang telah membangun Candi Borobudur menjadi sebuah mahakarya kebanggaan bangsa Indonesia. Selain menjadi pusat keagamaan terbesar umat Buddha di dunia, candi ini juga menjadi tempat wisata populer.

Digali lebih dalam lagi, dengan memperhatikan relief-relief yang terpahat, ada kisah hidup yang menjadi pelajaran berharga bagi umat manusia.

Pada candi yang dibangun tahun 770 masehi itu, ada 2.672 relief di setiap dindingnya. Relief-relief ini berada di bagian dasar dari candi dengan enam teras berbentuk bujur sangkar.

Baca Juga: Beda Nasib Antara Anak Pakar Tata Negara dengan Anak dan Mantu Jokowi Dalam Pilkada 2020

Secara garis besar, ada dua tema dari ribuan relief tersebut. Pertama, relief Lalitavistara yang mengisahkan perjalanan hidup Sang Buddha Sidharta Gautama. Kedua relief Karmawibhangga yang bercerita mengenai hukum sebab akibat.

Relief-relief itu adalah rangkaian cerita dan seperti sebuah pusat data kuno lengkap. Salah satunya menyimpan catatan penting mengenai keanekaragaman hayati Indonesia dengan kehadiran pahatan beberapa spesies fauna.

Pada candi yang yang terletak di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah itu, ada 315 individu fauna dan 63 jenis flora yang terpahat pada bagian reliefnya. Relief yang menggambarkan fauna dan pemanfaatannya oleh masyarakat pada waktu itu, menjadi katalog spesies Jawa kuno terlengkap saat ini.

Baca Juga: Komisi X Dorong Munculnya Penggerak Literasi Desa

Fakta itu terungkap dari hasil penelitian yang dilakukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Balai Konservasi Borobudur (BKB), beberapa waktu lalu. Kajian soal terkait relief fauna di Borobudur dilakukan melalui metode diskusi bersama dengan ahli-ahli berlatar belakang keilmuan fauna yang berbeda. Seperti ahli reptil, mamalia, aves, moluska, dan ikan.

"Ini juga terkait prosedur identifikasi jenis fauna berdasarkan morfologi, karakter perilaku, dan psychological features," kata plt Kepala Bidang Zoologi Pusat Penelitian Biologi LIPI Cahyo Rahmadi, saat jadi pembicara dalam seminar daring bertema "Knowledge Sharing di Balik Produksi Borobudur", yang diadakan LIPI beberapa waktu lalu.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x