Arca Manusia Ditemukan di Bekas Kebon Kopi

- 13 Desember 2020, 19:54 WIB
Arca berbentuk manusia yang ditemukan di Lahat, Sumatera Selatan
Arca berbentuk manusia yang ditemukan di Lahat, Sumatera Selatan /Antara/Aziz Munajar/


Literasi News - Sebuah arca manusia dalam kondisi utuh ditemukan di bekas kebun kopi, Desa Rindu Hati Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Penemuan tersebut membuat heboh warga sekitar.

"Arca manusia itu kami tinjau pekan lalu bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat. Kondisinya utuh dari kepala hingga pinggang," kata Ketua Komunitas Pemerhati Wisata Paranomic of Lahat Mario, seperti dikutip dari Antara, Minggu, 13 Desember 2020.

Mario menerima informasi adanya arca tersebut dari seorang warga setempat bernama Suharsono. Kini, lokasi itu telah didata menjadi situs megalit ke-53 di wilayah tersebut.

Baca Juga: Bencana 2020 Telah Merenggut 224 Korban Jiwa dan 26 orang Hilang. BNPB Mencatat 2.779 Kejadian

Arca tersebut memiliki tinggi 70 centimeter. Posisi badan arca menghadap ke barat dengan kepala menoleh ke kiri. Pada bagian kepala seperti memakai topi. Di bagian lengan, terlihat pahatan garis seperti memakai baju lengan pendek,

Mario menduga, arca tersebut termasuk ras negroit. Secara umum, acara itu bentuknya sama seperti arca-arca yang lebih dulu ditemukan di Lahat dan Pagaralam.

Arca ditemukan berada di semak belukar, bekas kebun kopi, sekitar 100 meter dari Sungai Selangis. Warga setempat menyebut lokasi itu sebagai kampung yang sudah ditinggali para penduduknya sejak puluhan tahun lalu.

Baca Juga: Atletico Madrid Akhirnya Telan Kekalahan Pertamanya Musim Ini, Ditumbangkan Real Madrid

Berdasarkan penelusurannya lokasi arca manusia tersebut masih berdekatan dengan situs megalit lain di Desa Sumber Karya. Di Desa Sumber Karya, ada dua arca manusia, dua batu datar, dan dua tetralit.

"Arca manusia ini temuan pertama selama tahun 2020. Sudah kami laporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi untuk ditindaklanjuti terkait pembebasan lahan dan penunjukan juru pelihara situs," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x