Baca Pelan-pelan, 5 Amalan dalam Islam yang Bisa Membuat Anda Sehat

- 5 November 2020, 22:45 WIB
Tips hidup sehat yang diajarkan Rasulullah SAW.
Tips hidup sehat yang diajarkan Rasulullah SAW. /Pixabay-Shari Jo/

Literasi News - Saat ini, banyak tips untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengatur pola makan, berolah raga, dan lainnya. Dalam al-Quran pun sebenarnya telah dipaparkan amalan-amalan untuk menjaga kesehatan.

Apa sajakah amalan-amalan itu? Simak penjelasan berikut. Baca perlahan agar paham.

1. Mandi pagi sebelum subuh atau minimal sejam sebelum matahari naik. Mengapa? Ternyata, air sejuk yang meresap ke dalam badan, bisa mengurangi lemak yang terkumpul di tubuh. Coba nanti perhatikan orang-orang terdekat kita yang terbiasa mandi dalam rentang waktu itu. Kebanyakan badannya tidak gemuk.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Pekan ini, Ada Manchester City vs Liverpool dan Everton vs Manchester United

2. Rasulullah SAW selalu mengamalkan minum segelas air sejuk (bukan air es) setiap pagi. Mujarabnya, Insya Allah amalan ini menjauhkan dari penyakit atau penyakit sulit menyerang tubuh.

3. Saat salat subuh, disunatkan kita bertafakur. Bagaimanakah bertafakur itu? Sujud sekurang kurangnya semenit selepas membaca doa.

Amalan ini bisa mengelakkan kita dari sakit kepala atau migrain.
Sejumlah peneliti pun melakukan kajian dan mengungkapkan alasan mengapa dalam sehari, kita perlu sujud.

Baca Juga: Sekolah PUMR Kota Depok Diarahkan untuk Membantu Modal, Perizinan, dan Pemasaran Usaha Kecil

Hasilnya, para ahli menemukan bahwa ada beberapa milimeter persegi ruang udara dalam saluran darah di kepala yang tidak dipenuhi darah. Dengan bersujud, maka darah akan mengalir ke ruang tersebut.

 4. Dalam alquran, melarang kita menyantap makanan darat bercampur dengan makanan laut. Rasullullah pernah mencegah seorang sahabat agar tidak menyantap ikan bersama ayam. Dikhawatirkan akan cepat mendapat penyakit.

Ini terbukti oleh saintis yang menemukan bahwa dalam dagin ayam mengandung ion(+) ve. Sementara, daging ikan mengandung ion(-) ve. Apabila dalam suapan bercambur daging ayam dan ikan, maka terjadi tindak balas biokimia yang bisa merusak usus.
Amalan ini ternyata masih taat dilaksanakan kaum Yahudi. Mereka tidak memakan ikan bercampur dengan ayam, atau sebaliknya.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x