Bangun Pengamanan Siber dan Penguatan Literasi Pemprov Jabar Latih 6.000 Siswa SMK

- 10 Oktober 2020, 09:04 WIB
ILUSTRASI. Peretas mencoba membongkar keamanan siber.*
ILUSTRASI. Peretas mencoba membongkar keamanan siber.* /ANTARA/

Literasi News - Kecepatan arus informasi dan teknologi begitu mempengaruhi tatanan masyarakat, namun belum sebanding dengan ketertarikan masyarakat terhadap keamanan siber (cyber security).

"Dampaknya, masih banyak kasus keamanan siber di Indonesia yang bahkan menyerang bank-bank ternama." Ujar Program Manajer InfraDigital Foundation I Gede Pandu Wirawan dalam seminar daring bertajuk "Perjalanan Karir Ahli Cyber Security", Jumat 9 Oktober 2020.


Dengan demikian, InfraDigital Foundation bekerja sama dengan Mastercard Center for Inclusive Growth melalui Mastercard Academy 2.0 dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melatih 6.000 siswa SMK dari kalangan prasejahtera di Jawa Barat. Pada akhirnya, para siswa akan mendapat sertifikasi cyber security dan terhubung dengan industri terkait pada bidang pengamanan siber.

Baca Juga: Facebook Bantu Rp 12,5 Milyar Untuk UMKM, Buka Hingga 12 Oktober, Begini Cara Dapatnya


"Tujuan utama program ini adalah mengurangi angka pengangguran lulusan SMK yang berasal dari kalangan prasejahtera dengan memberikan kemampuan cyber security yang dapat menjadi bekal bagi peserta untuk mandiri," kata Pandu

Selama 2020, Cyber Security Training Program telah melatih 672 murid dan 80 guru SMK di Jawa Barat. Selama masa pandemi, rangkaian pelatihan dilakukan secara daring. Untuk memastikan efektivitas pelatihan, InfraDigital Foundation menyediakan uang saku untuk kuota internet bagi setiap murid sebesar Rp 350.000 selama 10 pekan pelatihan.

Salah satu kegiatan dari rangkaian Cyber Security Training adalah seminar daring Perjalanan Karir Ahli Cyber Security. Acara tersebut dibuka oleh Country Lead Social Impact and Philanthropy PT. Mastercard Indonesia Charlie Hartono dan menghadirkan pembicara dua ahli pengamanan siber, yaitu Habibie Faried dan Fahri Shihab

Artikel Ini Telah Tayang Sebelumnya Dengan Judul :6.000 Siswa SMK di Jawa Barat Dilatih Keamanan Siber

Fahri mengatakan, teknologi yang sedang berkembang saat ini membuat semakin banyak orang terkoneksi internet. Hal itu berdampak pada semakin besarnya peluang kerja pada bidang keamanan siber. 

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x