Lawung Budaya Masyarakat Adat, Ajang Merajut Asa Enam Kampung Adat di Jawa Barat

- 13 November 2023, 21:05 WIB
Helaran merupakan salah satu acara dalam Gelaran Lawung Budaya Masyarakat Adat di Cikelet Kabupaten Garut, diikuti masyarakat enam Kampung Adat di Jawa Barat serta warga sekitar.
Helaran merupakan salah satu acara dalam Gelaran Lawung Budaya Masyarakat Adat di Cikelet Kabupaten Garut, diikuti masyarakat enam Kampung Adat di Jawa Barat serta warga sekitar. /Dok Literasi News/Panitia Lawung Budaya

Literasi News - Gelaran Lawung Budaya Masyarakat Adat merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Sekolah Lapang Kearifan Lokal (SLKL) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat, Direktorat Jenderal Kebudayaan.

Lawung Budaya Masyarakat Adat berlangsung tiga hari mulai 8 hingga 10 November 2023 di Rumah Budaya CKLT, desa Cijambe, Cikelet, Garut, Jawa Barat. Kegiatan ini melibatkan sekitar 500 peserta, dari masyarakat enam kampung adat di Jabar dan warga sekitar kecamatan Cikelet.

Dalam acara Lawung Budaya Masyarakat Adat ini menjadi ajang merajut asa enam Kampung Adat di Jawa Barat, sekaligus menjadi tahap akhir dari rangkaian kegiatan SLKL yang dilaksanakan di Kampung Adat Dukuh, Desa Ciroyam, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: ISBI Bandung dan ITB Kolaborasi, Laksanakan PKM di Garut Selatan: Diawali FGD dan Pelatihan

SLKL merupakan upaya percepatan pemajuan kebudayaan, melibatkan masyarakat adat terutama pemuda untuk menggali Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang dimiliki berupa tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, permainan rakyat, olahraga tradisional, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, dan ritus.

Program ini menjadi wadah bagi generasi muda adat untuk menimba ilmu langsung kepada maestro atau empu budaya, yaitu para sesepuh adat, sehingga menghasilkan pandu-pandu budaya yang siap menjadi garda depan pelestari kebudayaan.

Setelah melalui tahap temu kenal dan kurasi, dilanjutkan dengan panen budaya melalui kegiatan Ekspresi Kebudayaan Masyarakat Adat (EKMA) oleh Pandu Budaya Dukuh. Acaranya dikemas dengan tajuk 'Lawung Budaya Masyarakat Adat' yaitu pertemuan antar masyarakat adat.

Di acara tersebut, Kampung Adat Dukuh mengundang kampung adat di daerah Jawa Barat, khususnya bagian selatan, yaitu Kampung Adat Naga, Kasepuhan Ciptamulya, Kasepuhan Gelar Alam, Kasepuhan Sinarresmi, dan Kampung Adat Kuta.

Baca Juga: Pelatihan Penguatan Lembaga Adat melalui Produk dan Kriya Berbasis Aren di Kampung Adat Dukuh, Cikelet, Garut

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x