ISBI Bandung dan ITB Kolaborasi, Laksanakan PKM di Garut Selatan: Diawali FGD dan Pelatihan

- 18 Agustus 2023, 21:03 WIB
ISBI Bandung dan ITB Kolaborasi, Laksanakan PKM di Garut Selatan: Diawali FGD dan Pelatihan di Rumah Budaya CKLT
ISBI Bandung dan ITB Kolaborasi, Laksanakan PKM di Garut Selatan: Diawali FGD dan Pelatihan di Rumah Budaya CKLT /Dok. Literasi News/

Literasi News - Sejumlah dosen dari ISBI Bandung dan ITB berkolaborasi melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Cijambe Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut. Kegiatan diawali dengan FGD (Focus Group Discussion) dan Pelatihan dilakukan dua hari 17-18 Agustus 2023 di Rumah Budaya CKLT.

Kegiatan PKM tersebut dilakukan dalam bentuk Pelatihan Pengemasan Paket Wisata Berbasis Seni Budaya Lokal melalui Pemanfaatan Ruang Publik di Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, dengan mitra Rumah Budaya CKLT. Kegiatan ini merupakan bagian dari PKM dengan Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat Kemdikbudristek RI tahun 2023.

Kegiatan dimulai dengan melakukan analisis situasi di lokasi mitra PKM untuk memahami persoalan-persoalan prioritas mitra. Selanjutnya tim menyusun strategi dan menawarkan solusi untuk menyelesaikan masalah mitra tersebut. Dalam hal ini, pengembangan wisata berbasis seni budaya lokal menjadi prioritas yang akan dikembangkan di lokasi mitra.

Baca Juga: Pembukaan PKN di Lumbung Permainan Rakyat Komunitas Hong, Dolanan Diharapkan Berperan dalam Literasi Parenting

Hal itu didasari oleh fakta, lokasi mitra cukup strategis karena berada di jalur utama pengembangan destinasi wisata di Jabar Selatan. Selain itu, mitra juga memiliki ruang publik yang belum optimal fungsinya.

Di lokasi mitra juga terdapat sejumlah potensi seni budaya masyarakat yang dapat dikembangkan sebagai atraksi budaya dalam pengembangan wisata berbasis kearifan lokal.

Pelatihan dilakukan melalui sejumlah tahapan. Pertama, menggali potensi wisata berbasis seni budaya lokal oleh tim PKM bersama masyarakat. Kedua, FGD proses penyusunan panduan paket wisata dan pengelolaan ruang publik dengan menghadirkan para praktisi dan narasumber ahli.

Baca Juga: Zaini Alif Komunitas HONG Terima Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan Kategori Pembinaan dan Pemajuan Budaya

Tahap ketiga, memberikan pelatihan kepada para pengelola Rumah Budaya dan masyarakat yang terlibat dalam pengelolaan wisata budaya di desa Cijambe.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x