Zaini Alif Komunitas HONG Terima Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan Kategori Pembinaan dan Pemajuan Budaya

- 21 Juni 2023, 11:26 WIB
Pendiri Komunitas HONG Zaini Alif Merima Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan Kategori Pembinaan dan Pemajuan Budaya
Pendiri Komunitas HONG Zaini Alif Merima Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan Kategori Pembinaan dan Pemajuan Budaya /LITERASI NEWS/Yusuf Adji

Literasi News - Komunitas HONG mendapat Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan kategori pembinaan dan pemajuan budaya dalam gelaran detikJabar Awards 2023. Penyerahan anugerah yang berlangsung Selasa 20 Juni 2023 di Ballroom Trans Luxury Hotel Bandung diberikan kepada mereka yang dianggap telah melalukan inovasi dan kontribusi bagi Jawa Barat.

Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan bagi Komunitas HONG diterima langsung oleh Dr. Zaini Alif, S.Sn., M.Ds. selaku pendiri Komunitas Hong yang juga Wakil Direktur Pasca Sarjana ISBI Bandung. Pemberian Anugerah berupa piala diserahkan Sena Archari Direktur Produk detikcom.

"Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Komunitas HONG, kami telah melakukan pendataan permainan tradisional sejak 2005, hingga kini sudah lebih dari 2.600 jenis permainan tradisional dari berbagai daerah," katanya usai menerima piala Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan detikJabar Awards 2023.

Baca Juga: Dr. Zaini Alif, S.Sn., M.Ds. Mendapat Anugerah Tokoh Budaya Inovatif

Zaini mengungkapkan upaya pelestarian permainan tradisional ini tak berhenti di Komunitas HONG, tetapi dikembangkan melalui KPOTI (Komite Permainan dan Olahraga Tradisional Indonesia) tersebar di berbagai daerah di Indonesia. "Melalui KPOTI ini bergabung dan telah banyak bermunculan komunitas di berbagai daerah," kata Zaini yang juga menjabat Ketua Umum KPOT pusat.

Komunitas Hong mendapat anugerah kategori pembinaan dan pemajuan budaya karena didirikan untuk menginventarisasi, mengajarkan, dan melestarikan aneka permainan tradisional nusantara.

Pendiri Komunitas HONG Zaini Alif Merima Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan bersama perwakilan Rumah Cemara dan Pandawara Group
Pendiri Komunitas HONG Zaini Alif Merima Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan bersama perwakilan Rumah Cemara dan Pandawara Group Yusuf Adji

Sementara itu di Kategori Anugerah Komunitas Penggerak Terdepan, ada tiga komunitas yang mendapatkan Piala Kujang. Selain Komunitas Hong, dua penerima lainnya yakni Rumah Cemara dan Pandawara Group.

Baca Juga: Perayaan Bulan Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional: Astra serta KPOTI Gaungkan Chase Tag Versi Indonesia

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x