Ayo Pak Kades, 2021 Kemenparekraf Gelontorkan Anggaran untuk Program Desa Wisata se-Indonesia

- 20 November 2020, 17:06 WIB
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam kegiatan Bimbingan Teknis Kepariwisataan di Kabupaten Karawang, Jumat 20 November 2020
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda dalam kegiatan Bimbingan Teknis Kepariwisataan di Kabupaten Karawang, Jumat 20 November 2020 /Foto: Zaenal Mutaqin/Literasi News

Literasi News - Menjelang tahun 2021, para kepala desa di seluruh tanah air mestinya besiap membuat konsep perencanaan desa wisata untuk desanya masing-masing.

Pasalnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI telah menyiapkan sejumlah anggaran untuk menyokong 'program utuh mendorong percepatan desa wisata di seluruh Indonesia'.

"Sudah ada programnya," tandas Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, dalam kegiatan Bimbingan Teknis Kepariwisataan yang diselenggarakan Kemenparekraf RI, di Akshaya Hotel, Kabupaten Karawang, Jumat 20 November 2020.

Baca Juga: Anggaran Rp18 Miliar Dialokasikan untuk Mendukung Program Desa Bersih Narkoba

Dikatakan, Komisi X sudah bersama Menteri Parekraf Wishnutama sudah berkomitmen bahwa untuk tahun 2021 ada afirmasi khusus untuk program desa wisata tersebut.

Tujuan dari program tersebut, lanjut Huda, sejatinya sebagai bentuk terobosan untuk pengembangan ekonomi baru bagi desa-desa di seluruh Indonesia.

"Anak-anak muda yang semula pengangguran, paling tidak bisa menjadi pemandu pariwisata. Ibu-ibu yang biasanya dagang di pasar-pasar tradisional bisa jualan kuliner di desa-desa wisata," terangnya.

Baca Juga: Srikandi UGM Gelar Diskusi Soal Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi pada Sektor Pertambangan

Dengan begitu, agar mendapat dukungan penuh dari Kemenparekraf, sejak saat ini setiap desa harus berinisiatif membuat konsep terbaik desa wisatanya masing-masing.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x