Pemprov Jabar Ajukan 9 Kabupaten/Kota Baru, Kabar Gembira Bagi yang Berminat Jadi Kepala Daerah

- 5 November 2020, 23:14 WIB
 Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah Jabar, Forum Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (5/11/2020). Dalam pertemuan itu, diajukan 9 calon daerah otonomi baru untuk di Jawa Barat.
Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah Jabar, Forum Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (5/11/2020). Dalam pertemuan itu, diajukan 9 calon daerah otonomi baru untuk di Jawa Barat. /Humas Pemprov Jabar/

 

Literasi News - Kabar gembira bagi mereka yang berhasrat menjadi kepala daerah setingkat bupati atau wali kota di wilayah Jawa Barat. Apabila disetujui pemerintah pusat, akan ada sembilan daerah otonomi baru di Jabar yang terdiri dari 1 kota dan 8 kabupaten.

Hal itu terungkap dari audensi antara Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah Jabar, Forum Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), dan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Nomor 22, Kota Bandung, Kamis (5/11/2020). Menurut Uu, dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa dan luas wilayah 35.377,76 km², pengajuan pemekaran wilayah bukan hal baru di Jabar. Keinginan masyarakat atas hadirnya CDOB harus dijembatani ke pemerintah pusat.

Untuk itu, ia berharap audiensi itu mendorong kembali pentingnya pemekaran wilayah di Jabar. Saat ini, Jabar memiliki 27 kabupaten/kota meliputi 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa. "Pemekaran ini bukan keinginan satu-dua orang, satu-dua kelompok, atau satu-dua daerah, tetapi ini keinginan bersama masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga: Baca Pelan-pelan, 5 Amalan dalam Islam yang Bisa Membuat Anda Sehat

Uu menuturkan, pemekaran wilayah menjadi penting guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pembangunan daerah, dan menunjang pemerataan anggaran ke daerah.

"Dengan pemekaran (wilayah), pelayanan ke masyarakat semakin hebat, semakin dekat, pembangunan semakin cepat, anggaran semakin besar datang ke daerah. Oleh karena itu, saya minta para pemegang kebijakan di pusat, tolong perhatikan aspirasi masyarakat Jawa Barat. Karena, ini kepentingan bersama dan permintaan (pemekaran) bukan hanya sekarang, tapi sudah 20 tahun ke belakang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forkodetada Jabar Rd H Holil Aksan Umarzen mengatakan, ada 9 CDOB yang diajukan. Kesembilannya ialah Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.

Baca Juga: Sejumlah Agenda Habib Rizieq di Indonesia, di Antaranya Menikahkan Putrinya, Syarifah Najwa Shihab

Dari sembilan CDOB itu, kata Holil, 5 di antaranya sudah menyelesaikan dokumen kepentingan pemekaran. Kelima daerah yang dimaksud ialah Kota Lembang serta Kabupaten Cikampek, Bandung Timur, Garut Utara, dan Indramayu Barat.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Humas Pemprov Jabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x