PPKM Skala Mikro Di Cianjur Digiatkan, RT Diinstuksikan Data Pendatang atau Pemudik

- 3 Mei 2021, 17:34 WIB
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, PPKM Skala Mikro Di Cianjur Digiatkan, RT Diinstuksikan Data Pendatang atau Pemudik.
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, PPKM Skala Mikro Di Cianjur Digiatkan, RT Diinstuksikan Data Pendatang atau Pemudik. /Literasi News/Nabiel Purwanda

Literasi News - Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menggiatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro. Perangkat RT diinstuksikan mendata pendatang dari luar daerah atau pemudik.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, kebijakan tersebut ditempuh untuk mengantisipasi warga Cianjur yang nekat mudik lebaran tahun ini.

Herman menyebutkan, apabila terjadi kebocoran atau ada pemudik yang lolos pulang ke kampung halamannya. Pemerintah daerah sudah siap menempuh langkah-langkah pencegahan.

Baca Juga: Nanti Malam, Duel City vs PSG di Semifinal Liga Champion Putaran Kedua 5-6 Mei 2021 Live di SCTV

"Salah satu langkah yang ditempuh, adalah menggiatkan PPKM Mikro dan menyiapkan tempat isolasi di tingkat RW dan desa. Tapi, mudah-mudahan saja itu tidak terjadi," kata Herman, kepada wartawan, Senin 3 Mei 2021.

Perangkat RT juga telah diinstuksikan untuk melakukan inventarisasi, mendata warganya apabila ada orang yang baru datang dari luar daerah atau pemudik.

"Orang-orang yang baru datang itu harus diperiksa di puskesmas. Kalau misal ada yang positif, kita siapkan tempat isolasi di tingkat RW atau desa," ujar dia.

Baca Juga: Ancaman Pandemi Covid-19 di Indonesia Masih Ada, Presiden Jokowi: Jangan Merasa Sudah Aman

"Jadi, tidak usah jauh-jauh ke pusat isolasi, bisa ditampung di pusat-pusat isolasi tingkat kelurahan dan RW," sambung Herman.

Herman menyebut, terkait larangan mudik, petugas gabugan tengah menggiatkan pemeriksaan kendaraan di semua wilayah perbatasan.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X