Tahun Ini Ada 189.000 formasi CPNS dan PPPK Non Guru Untuk Pengadaan di Pemda

- 21 Maret 2021, 21:11 WIB
MenPANRB Tjahjo Kumolo: pengadaan ASN 2021, selain 1 juta guru tahun ini ada 189.000 formasi CPNS dan PPPK Non Guru untuk mengisi jabatan di Pemda
MenPANRB Tjahjo Kumolo: pengadaan ASN 2021, selain 1 juta guru tahun ini ada 189.000 formasi CPNS dan PPPK Non Guru untuk mengisi jabatan di Pemda /KemenPANRB

Literasi News - Selain membuka penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebanyak 1 juta formasi guru, tahun ini pemerintah juga telah menentukan kebutuhan sebanyak 189.000 formasi CPNS dan PPPK non guru untuk pengadaan di Pemerintah Daerah (Pemda).

Demikian dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo terkait pengadaan CPNS dan PPPK non guru. Hal itu disampaikannya melalui laman resmi Kementerian PANRB.

"Terkait dengan pengadaan ASN 2021 di pemerintah daerah, perlu saya jelaskan, untuk mengisi kebutuhan jabatan lainnya di pemerintah daerah selain jabatan guru (non guru). Pemerintah juga telah menentukan kebutuhan sekitar 189.000 formasi untuk CPNS dan PPPK," ujarnya.

Baca Juga: Mendikbud: Guru Honorer Usia 40 Tahun Keatas Mendapat Afirmasi di Seleksi Guru PPPK 2021. Ini Penjelasannya

Menurut MenPANRB, tahun ini pemerintah akan membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 1,3 juta formasi, melalui jalur calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Mengenai jadwal rinci penerimaan, tengah disusun oleh Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Penerimaan ini Jumlah yang tidak pernah kita lakukan sebelumnya," ujar Men PANRB.

Ia mengungkapkan pemerintah mencoba merumuskan prosedur, memperkuat dukungan kebijakan, mengidentifikasi berbagai risiko, dan berbagai persiapan lain yang diperlukan.

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi Peserta Seleksi PPPK 2021 yang Memiliki Sertifikasi Guru. Ini Kata Mendikbud Nadiem

Baca Juga: Mendikbud : Ada Tiga Kriteria Peserta Seleksi Guru PPPK 2021 Bakal Mendapat Bonus

Termasuk pula mencoba keteraturan sistem seleksi secara online bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x