Ridwan Kamil Nilai Kampung Tangguh Jaya di Bodebek Mampu Tekan Laju Covid-19. Minggu Ini Tak Ada Zona Merah

- 7 Maret 2021, 15:18 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Menilai Kampung Tangguh Jaya di Bodebek Mampu menekan Laju Penularan Covid-19 sehingga Minggu Ini Tak Ada Zona Merah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Menilai Kampung Tangguh Jaya di Bodebek Mampu menekan Laju Penularan Covid-19 sehingga Minggu Ini Tak Ada Zona Merah /Dok. Humas Jabar/

Literasi News - Program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) di Kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekas) dinilai mampu menekan laju penularan Covid-19. Malahan berkar kerja keras semua pihak, Minggu ini tidak ada zona merah.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil usai menghadiri Rapat Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Kawasan Bodebek di Makodam Jayakarta, Kamis 4 Maret 2021.

Ridwan Kamil mengatakan minggu ini tidak ada zona merah berkat kerja keras semua pihak, khususnya TNI/Polri. "Termasuk berkat konsep dari Pak Kapolda dan Pak Kasdam tentang Kampung Tangguh Jaya," katanya.

Ia mengungkapkan konsep dari Kapolda Metro Jaya dan Kasdam Jaya tentang Kampung Tangguh Jaya, yakni pengetesan bisa dilakukan di RW setempat, tidak harus ke puskesmas atau rumah sakit. "Ini bisa dilakuka oleh orang yang dilatih, khususnya TNI/Polri," katanya.

Melalui kebijakan itu, lanjut Ridwan Kamil, membuat tracing dan testing bisa menekan laju penularan Covid-19. Saat PPKM Mikro, TNI/Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan tracing secara masif di Kawasan Bodebek.

“Ada beberapa kasus yang dulunya 11-15 di beberapa RW, sekarang jadi nol. Saya kira best practice ini akan kita lanjutkan beriringan dengan PPKM Mikro,” tuturnya.

Ridwan Kamil optimistis program KTJ dapat mempercepat pelaksanaan 3T (testing, tracing, dan treatment) sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

“Ini menjadi benteng pertama dalam 3T. Jadi di tiap RW tersedia posko buat pengetesan. Kami pun diuntungkan dengan hadirnya teknologi (rapid test) antigen,” ucapnya.


Menurut Ridwa Kamil, pihaknya terus berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya terkait penanganan Covid-19 di Kawasan Bodebek.

“Kami teruskan PPKM Mikro ini karena terbukti kedisiplinan (terapkan protokol kesehatan) di atas 80 persen. Ekonomi di Kawasan Bodebek terus membaik," tuturnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x