82 RW Zona Merah, Zonasi dalam PPKM Skala Mikro Jadi Perhatian Pemprov DKI

- 16 Februari 2021, 19:20 WIB
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria zonasi dalam Zonasi dalam PPKM Skala Mikro Jadi Perhatian menyusul 82 RW masuk Zona Merah.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria zonasi dalam Zonasi dalam PPKM Skala Mikro Jadi Perhatian menyusul 82 RW masuk Zona Merah. /Instagram/@bangariza

Literasi News - Pemprov DKI Jakarta melaporkan sebanyak 82 RW di Ibu Kota masuk kategori zona merah. Oleh karena itu zonasi menjadi perhatian khusus selama penanganan Covid-19 pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala Mikro.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Sejumlah langkah untuk menekan jumlah zona merah sudah dilakukan. Salah satunya dengan membatasi akses keluar-masuk di perkampungan.

"Sudah jelas, semua zona merah, oranye, kuning, dan hijau, semua ada tahapannya, ada protapnya, ada prosedurnya, Ada semua tahapannya, tentu zona-zona seperti itu menjadi perhatian lebih DKI," kata Riza di Jakarta, Senin malam.

Baca Juga: Pelanggar Protokol Kesehatan di Cianjur Bisa Bayar Sangsi Denda Non Tunai

Riza mengungkapkan selama ini telah membentuk Kampung Siaga, Kampung Aman, Kampung Tangguh di setiap RW. "Salah satunya sebelum ada zona merah, kami juga sudah membatasi. Jumlah pintu keluar masuk dibatasi," katanya.

Tak hanya itu, lanjutnya, penambahan fasilitas penunjang seperti wastafel dan disinfektan juga diupayakan. Kemudian sosialisasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 juga diumumkan termasuk saat menjelang waktu shalat.

"Disiapkan wastafel, disinfektan secara rutin dibersihkan, ada patroli, piket, disiapkan tempat tempat lain, pengawasan, ada rapat koordinasi, semua kami berdayakan," katanya dikutip Literasinews dari laman Antara.

Baca Juga: 10 Korban Longsor di Ngentos Nganjuk Jatim Masih Dalam Proses Pencarian Tim Gabungan

Sebelumnya, 82 RW di DKI Jakarta masuk kategori zona merah atau resiko penularan tertinggi Covid-19 dengan RW terbanyak masuk zona merah ada di Jakarta Selatan (Jaksel).

Berdasarkan data di laman corona.jakarta.go.id, Jumat 12 Februari, RW berstatus zona merah ini tersebar di lima wilayah kota madya Jakarta dan Kepulauan Seribu. Data 82 RW masuk zona merah itu berdasarkan data per 4 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x