Kabar Baik, Pemerintah Bilang Sebagian Besar Kabupaten Kota Berada di Zona Oranye

- 3 Maret 2021, 17:27 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan perkembangan peta zonasi risiko nasional Covid-19 sebagian besar kabupaten kota berada di zona oranye
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan perkembangan peta zonasi risiko nasional Covid-19 sebagian besar kabupaten kota berada di zona oranye /Satgas Penanganan Covid-19

Literasi News - Pemerintah melalui Satgas mengatakan perkembangan peta zonasi risiko nasional Covid-19 sebagian besar kabupaten kota berada di zona oranye (sedang) diikuti zona kuning (rendah).

Data per 28 Februari 2021, zona merah (tinggi) Covid-19 tercatat ada 11 kabupaten kota, zona oranye 277 kabupaten kota, zona kuning 211 kabupaten kota, zona hijau tidak ada kasus baru 11 kabupaten kota dan tidak terdampak 3 kabupaten kota.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito kondisi itu harus terus ditingkatkan lagi dan dilakukan secara efektif dan partisipatif. Minggu ini, perkembangan yang menjadi perhatian yaitu meningkatnya jumlah zona kuning. Sebelumnya 95 kabupaten kota, meningkat menjadi 211.

Baca Juga: Virus Corona B117 Asal Inggris Ditemukan di Karawang, Ridwan Kamil Minta Warga Jabar Tenang dan Tidak Panik

"Yang perlu diperhatikan ialah jumlah kabupaten/kota di zona oranye perlu segera ditekan, agar dapat berpindah ke zona kuning, mengingat sebagian besar kabupaten/kota berada di zona oranye," ungkapnya dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa 2 Februari 2021.

Wiku meminta pemerintah daerah menjadikan peningkatan zona kuning sebagai motivasi dalam meningkatkan kualitas penanganan Covid-19 di daerahnya. Terutama bagi daerah yang masih menghuni zona merah dan oranye. Agar segera melakukan evaluasi dan pembenahan.

Dan untuk mencapai keberhasilan dalam penanganan, dibutuhkan kerjasama seluruh lapisan masyarakat. Sehingga melawan pandemi Covid-19 tidak hanya dilakukan pemerintah sendiri.

Baca Juga: Jemaah Haji Harus Melakukan Vaksinasi Covid-19, Sebagai Syarat Baru dari Pemerintah Arab Saudi

Dengan begitu, diharapkan pada minggu-minggu selanjutnya jumlah kabupaten/kota zona merah bisa berkurang hingga tidak ada sama sekali, dan zona oranye berkurang juga perlahan.

"Keberhasilan suatu daerah mencerminkan keberhasilan seluruh lapisan masyarakatnya, bukan hanya pemerintahnya," pungkas Wiku.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x