Cara Cepat Cek Ketersediaan Ruang Perawatan di RS, Gunakan Saja Aplikasi Siranap

- 30 Januari 2021, 15:48 WIB
Warga menunjukkan aplikasi layanan Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (Siranap RS) pada telepon pintarnya di Jakarta, Jumat 29 Januari 2021.
Warga menunjukkan aplikasi layanan Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (Siranap RS) pada telepon pintarnya di Jakarta, Jumat 29 Januari 2021. /Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Literasi News - Akhir akhir ini banyak masyarakat mengalami kesulitan mencari kamar di Rumah Sakit dan fasilitas layanan kesehatan untuk perawatan pasien terinfeksi Covid-19.

Khususnya bagi anggota keluarga terkonfirmasi gejala ringan hingga sedang atau Orang Tanpa Gejala (OTG) lebih banyak yang disarankan menjalani isolasi di rumah atau tempat singgah yang disediakan pemerintah daerah.

Namun, situasi setiap keluarga maupun daerah tidak sama. Terkadang keluarga pasien sampai harus memastikan slot kamar kosong di RS antara tiga sampai empat hari. Padahal jika tak segera ditangani medis, kondisi pasien tak menutup kemungkinan akan menjadi semakin memburuk.

Baca Juga: Rumah Sakit Tak Boleh Menolak Pasien Covid-19, Biaya Perawatan Ditanggung Negara. Ini kata Satgas Covid-19

Dikutip Literasinews dari laman resmi Indonesia.go.id, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyediakan fasilitas sistem informasi rawat inap yakni mengenai informasi ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19 di Rumah Sakit yang dapat diakses masyarakat umum.

Fasilitas untuk mengecek informasi ketersediaan ruang rawat pasien Covid-19 di RS dapat diakses lewat aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap Rumah Sakit (Siranap). Aplikasinya dapat diunduh di PlayStore atau diakses langsung via situs Kemenkes, https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/pages/rsud.

Adapun data dan informasi ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit disajikan secara faktual. Dengan bantuan aplikasi tersebut diharapkan masyarakat dapat mengecek informasi ketersediaan ruang perawatan pasien Covid-19 di RS.

Baca Juga: Doa Ta-awwudz untuk Melindungi Anak- anak dari Marabahaya

Ketika ada anggota keluarga yang positif corona dan membutuhkan perawatan khusus, mereka bisa mengetahui RS dimana saja yang masih memiliki ruangan untuk perawatannya.

Penambahan kamar rawat inap RS dan fasilitas layanan kesehatan lainnya menjadi kunci mencegah bertambahnya korban jiwa akibat virus corona.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x