Cukup Buka Aplikasi 'Mauneh' Akan Tahu Dapat Bantuan atau Tidak

- 8 Desember 2020, 10:34 WIB
Aplikasi Mauneh bantu masyarakat Sumedang untuk dapat bansos Covid 19.
Aplikasi Mauneh bantu masyarakat Sumedang untuk dapat bansos Covid 19. /Dede TH/Literasi News

 

Literasi News - Sumedang dinilai berhasil dalam pendataan dan penyaluran Bansos bagi warga yang terdampak Covid-19 diantaranya dengan memanfaatkan teknologi informasi yang bisa diakses warga secara langsung melalui aplikasi bernama Mauneh.

Mauneh sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan Pemda Kabupaten Sumedang sebagai layanan pengaduan dan informasi pendataan dan penyaluran Bansos. Aplikasi tersebut dipadankan dengan aplikasi sejenis yang sebelumnya telah dikembangkan oleh Pemda Provinsi Jawa Barat bernama Sapawarga.

“Di tingkat kabupaten, aplikasi Sapawarga ditindaklanjuti dengan aplikasi Mauneh. Kepanjangan dari Mari Update Data yang terarah Tidak Nyeleneh. Jadi Sapawarga diadopsi dan dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kondisi di Kabupaten Sumedang dalam bentuk aplikasi Mauneh,” ujar Bupati H Dony Ahmad Munir.

Baca Juga: Buat e-KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran,di Sumedang Cukup Via Online SilaSidakep,Berikut Caranya

Bupati Dony  menjelaskan, Mauneh merupakan aplikasi digital yang mudah digunakan masyarakat untuk memantau data Bansos masyarakat yang Terdampak Covid-19 sekaligus memperbarui data terkait penyaluran Bansos.

“Masyarakat secara mandiri bisa memantau apakah dirinya sudah terdata sebagai calon penerima bantuan atau belum, serta mengetahui sumber Bansos yang akan diterimanya, Cukup dengan masuk website mauneh.sumedangkab.go.id dan memasukkan NIK atau Nomor KK,” jelasnya.

Dikatakan, aplikasi Mauneh berfungsi sebagai alat sosialisasi untuk menghilangkan keraguan warga terhadap pemerintah terkait penyaluran Bansos selama masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Dini Hari Nanti, Barcelona vs Juventus. Berikut Jadwal dan Siaran Langsung Liga Champion di SCTV

Halaman:

Editor: Zaenal Mutaqin

Sumber: Pemda Sumedang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x