Dapat Notifikasi Undangan Vaksinasi Covid, Lakukan Registrasi Melalui Nomor WA Ini

- 20 Januari 2021, 10:00 WIB
Antrean tenaga medis dari puskesmas saat akan melakukan pengambilan vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Rabu, 13 Januari 2021. Bagi Anda yang menerima undangan vaksinasi, bisa melakukan registrasi dahulu melalui nomor WA khusus.
Antrean tenaga medis dari puskesmas saat akan melakukan pengambilan vaksin Covid-19 di Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jalan Supratman, Rabu, 13 Januari 2021. Bagi Anda yang menerima undangan vaksinasi, bisa melakukan registrasi dahulu melalui nomor WA khusus. /Pikiran-rakyat/Armin Abdul Jabbar/

Literasi News - Seiring dimulai vaksinasi Covid-19 secara massal, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan pun mulai melakukan pendataan secara massal. Untuk kepentingan tersebut Kemenkes menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk menyediakan layanan registrasi penerima vaksinasi Covid-19.

Layanan registrasi itu melalui Chatbot Whatsapp (WA) di nomor 081110500567. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah penerima vaksinasi Covid-19 melakukan registrasi di mana pun.

Baca Juga: Tiga Desa di Pasirkuda Cianjur Sempat Terisolasi, Kini Akses Jalan Sudah Normal Lagi

Namun, registrasi melalui WA tersebut hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan. Setelah terverifikasi, tenaga kesehatan dapat mendaftarkan diri untuk membuat janji di fasilitas kesehatan sekitar dan mendapatkan konfirmasi terkait waktu dan tempat pelaksaan vaksin.

Apabila tenaga kesehatan tidak terdaftar, proses registrasi juga dapat dilakukan melalui chatbot. Penerima vaksinasi Covid-19 bisa langsung mengirimkan pesan ke nomor WA itu dengan mengetik kata kunci ‘vaksin’.

Baca Juga: Dampak Hujan Es dan Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga di Tiga Desa Rusak

Setelah itu akan ada konfirmasi bahwa penerima vaksinasi adalah tenaga kesehatan. Selanjutnya, tenaga kesehatan penerima vaksinasi diminta mengirimkan enam angka terakhir nomor induk kependudukan (NIK) untuk mendaftar dan tenaga kesehatan akan menerima konfirmasi lokasi vaksinasi.

Langkah selanjutnya akan dilakukan konfirmasi mengenai kondisi kesehatan untuk memastikan bahwa peserta akan dapat menerima vaksin. Berikutnya chatbot akan membagikan jadwal vaksin untuk dikonfirmasi.

Baca Juga: Inilah 5 Karomah Shalat Berjamaah, di Antaranya Dihindarkan dari Kesulitan Hidup

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x