Dampak Hujan Es dan Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga di Tiga Desa Rusak

- 19 Januari 2021, 18:13 WIB
Puluhan rumah warga di tiga desa kecamatan Pasirkuda Cianjur rusak akibat diterjang hujan es dan angin puting beliung
Puluhan rumah warga di tiga desa kecamatan Pasirkuda Cianjur rusak akibat diterjang hujan es dan angin puting beliung /Nabiel Purwanda/Literasi News

Literasi News - Puluhan rumah milik warga di tiga desa, yaitu Desa Padamulya, Girijaya, dan Girimukti di Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat rusak, setelah diterjang hujan es disertai angin puting beliung, Senin 18 Januari 2021 sore.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mokhamad Irfan Sofyan menyebutkan kerusakan rumah milik warga akibat terjangan hujan es disertai angin puting beliung pada sore kemarin. Kondisi kerusakannya beragam mulai dari rusak ringan, sedang, hingga berat.

Desa yang cukup parah terdampak akibat peristiwa itu, kata Irfan, yaitu Desa Padamulya. Sedikitnya ada 61 rumah warga mengalami rusak akibat terjangan hujan es disertai angin puting beliung itu.

Baca Juga: Waspadai Banjir dan Longsor, Puncak Musim Hujan Sedang Berlangsung. Berikut Ini Penjelasan BMKG

"Untuk rumah warga yang rusak di Desa Padamulya mencapai 61 rumah, Desa Girijaya sebanyak 9 rumah. Sementara untuk Desa Girimulya masih dilakukan pendataan," kata Irfan, kepada wartawan, Selasa 19 Januari 2021.

Irfan menyebutkan, masyarakat yang rumahnya mengalami rusak akibat bencana tersebut sudah melakukan evakuasi mandiri di bantu personel dari relawan tangguh bencana (Retana) yang ada di setiap desa.

"Mereka (Warga yang terdampak) sudah melakukan evakuasi mandiri, kini mereka untuk sementara tinggal di rumah warga yang posisinya lebih aman," jelasnya.

Baca Juga: Inilah 5 Karomah Shalat Berjamaah, di Antaranya Dihindarkan dari Kesulitan Hidup

Irfan mengungkapkan, jajarannya menerjunkan dua tim untuk terus melakukan assesment di tiga desa yang terdampak bencana itu.

"Sebagian warga ada yang sudah kembali ke rumahnya. Tapi kami tetap mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada dengan segala potensi bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu," ujarnya.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x