Cek NIK, Sebelum Daftar atau Cairkan Bantuan. Begini Caranya, Periksa dan Pastikan Datanya Benar

- 5 Januari 2021, 08:31 WIB
Ilustrasi: cek NIK, akses data e-KTP dan KK bisa dilakukan secara daring
Ilustrasi: cek NIK, akses data e-KTP dan KK bisa dilakukan secara daring /ANTARA FOTO

Literasi News - Berbagai program atau bantuan tahun 2021 telah digulirkan pemerintah. Proses pendaftarannya, hampir dipastikan membutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Untuk mengetahui NIK bisa dilakukan dengan memeriksa data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK).

Bagi yang sudah memiliki e-KTP atau KK, ada baiknya mengecek dulu apakah data kependudukan yang terdaftar dalam pusat data kependudukan nasional sudah benar atau belum. Sebab tak sedikit, pada pemilik KTP maupun KK ada sebagian datanya yang kurang pas.

Supaya tidak menjadi kendala dikemudian hari, tidak ada salahnya bila terlebih dulu memeriksa dan memastikan validitas data NIK dengan mengecek KTP atau KK. Caranya cukup mudah, kini bisa dilakukan secara daring.

Baca Juga: Lokasi Samsat Keliling Kediri Hari Ini, 5 Januari 2021

Berikut ini beberapa cara untuk memeriksa dan memastikan data pada KTP serta KK sudah sesuai atau belum, salah satunya mengenai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

KTP elektronik
Untuk mengecek data KTP-el secara online bisa dikakukan dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Cek KTP Online dari Situs Pemerintah
Kunjungi situs pemerintah daerah secara langsung. Ini penting untuk mengetahui status KTP elektronik yang telah direkam. Silahkan akses situs pemerintah daerah atau dinas terkait masing-masing.

Masukkan nomor NIK yang tertera dalam KTP-el. Lalu klik ‘Cek NIK’ atau ‘Tampilkan’ untuk mengetahui apakah data kependudukannya sudah benar atau belum.

Baca Juga: Lokasi Samsat Keliling Purbalingga Hari Ini, Selasa 5 Januari 2021

2. Cek KTP Online Melalui SMS atau WhatsApp
Cek KTP-el online selanjutnya bisa dilakukan dengan mengirimkan SMS atau pesan WhatsApp. Adapun, cara cek validitas status KTP-el online melalui SMS maupun WhatsApp sangat mudah.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x