Pembentukan DOB 3 Kabupaten Baru, Begini Langkah Ridwan Kamil Selanjutnya

- 4 Desember 2020, 18:16 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pimpinan DPRD Ahmad Ruyat menandatangani surat persetujuan bersama mengenai tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Jumat 4 Desember 2020.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Pimpinan DPRD Ahmad Ruyat menandatangani surat persetujuan bersama mengenai tiga Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB), di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Jumat 4 Desember 2020. /Foto: Humas Jabar/Literasi News

Literasi News – Setelah Pemprov dan DPR Jabar menyetujui persiapan tiga Calon Daerah Persiapan Otonom Baru (CDPOB), selanjutnya Pemprov akan usul ke DPRD Jabar untuk dilakukan pembahasan serta persetujuan bersama sebagai pemenuhan persyaratan administrasi di tingkat provinsi terkait CDPOB tersebut.

"Telah selesinya seluruh pembahasan terkait rencana usulan pembentukan CDPOB Kabupaten Sukabumi Utara, Bogor Barat, dan Garut Selatan, maka tahapan selanjutnya Pemda Provinsi Jabar akan menyampaikan usulan tersebut kepada pemerintah di tiga lokasi daerah induk atau calon daerah persiapan," kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di Bandung, Jumat 4 Desember 2020.

Baca Juga: Sekda Cimahi hingga Presiden Direktur Diperiksa KPK Terkait Kasus Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna

Dengan ditandatanganinya surat kesepakatan tiga CDOB tersebut, Ridwan Kamilpunmenyampaikan terimakasihnya kepada jajaran anggota DPRD Jabar yang menurutnya telah bersinergi dalam usulan pembentukan calon daerah otonom baru.

Dikatakan, selanjutnya pemerintah pusat akan melakukan penilaian mengenai persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan administrasi di tiga daerah tersebut.

Hasil penilaian itu kemudian akan disampaikan kepada DPR RI dan DPD RI. Jika dinyatakan memenuhi syarat, maka pemerintah akan membentuk tim independen yang bertugas melakukan kajian terhadap persyaratan.

Baca Juga: Makan di Mamah Eha, Ricky Perdana: Ke Bandung Tidak ke Mamah Eha Rasanya Tidak Sempurna

“Persyaratannya terdiri atas tujuh parameter," katanya.

Ketujuh parameter itu adalah aspek geografi, demografi, keamanan, sosial politik, adat dan tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah dan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x