Muhasabah Pagi: Doa Nabi Ibrahim agar Diberikan Hikmah oleh Allah SWT

- 16 Oktober 2021, 06:22 WIB
Muhasabah Pagi: Doa Nabi Ibrahim agar Diberikan Hikmah oleh Allah SWT
Muhasabah Pagi: Doa Nabi Ibrahim agar Diberikan Hikmah oleh Allah SWT /Literasi News/Dok. H. Asep Dadan Wildan, M.A.

Literasi News - Hikmah adalah kemampuan mehamami setiap makna dan pelajaran dalam setiap perjalanan hidup yang dilalui, serta memahami setiap kandungan ayat-ayat Nya. Kemudian dari itu semua akhirnya menjadi ilmu untuk mengetahui hukum-hukum, halal dan haram, sehingga dapat menentukan keputusan yang sesuai dengan syari'at Nya.

Tidak semua orang memiliki kemampuan hikmah, karena Allah akan memberikan hikmah kepada siapa yang Ia kehendaki. Sebab seseorang yang telah diberikan hikmah, maka sesungguhnya ia telah diberikan kebaikan yang banyak (al-Baqarah [2]: 269).

Bagaimana tidak dikatakan kebaikan yang banyak, karena orang yang memiliki hikmah ia selalu memahami makna yang terdalam pada setiap kehidupannya. Kemudian dijadikan pelajaran hidupnya untuk lebih baik.

Baca Juga: Ridwan Kamil Bocorkan Kunci Sukses Kontingen Jabar Raih Juara Umum di PON XX Papua 2021

Kaitan dengan ini, ada do'a yang diabadikan dalam al-Qur'an merupakan do'a Nabi Ibrahim agar ia diberikan hikmah oleh Allah SWT sehingga dengannya ia dimasukkan ke dalam hamba-hamba Nya yang soleh.

رَبِّ هَبْ لِى حُكْمًا وَأَلْحِقْنِى بِالصّٰلِحِينَ

"(Ibrahim berdoa), "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah (ilmu) dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,"
(QS. Asy-Syu'ara' 26: Ayat 83)

Do'a ini sangat baik dijadikan do'a harian oleh kita, agar kita diberikan kemampuan dalam mengambil pelajaran dalam setiap episode-episode kehidupan yang kita lalui, dengan pelajaran tersebut kita selalu menjadi hamba Allah yang lebih baik.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Live SCTV, 16-19 Oktober 2021 Brentford vs Chelsea, dan Newcastle vs Tottenham

Tidak selamanya Allah SWT memberikan pelajaran kepada hamba-Nya melalui ayat-ayat yang terdapat dalam al-Qur'an maupun ayat-ayat Nya yang terbentang di alam semesta ini. Seringkali Allah SWT memberikan pelajaran melalui pengalaman kehidupan yang kita lalui, ini semua tidak akan diperoleh melainkan bagi orang yang diberikan hikmah oleh Allah SWT.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x