Muhasabah Pagi: Perkuat Keimanan dengan Ilmu Pengetahuan dan Belajar Sepanjang Hayat

- 3 Juni 2021, 07:08 WIB
Muhasabah Pagi: Perkuat Keimanan dengan Ilmu Pengetahuan dan Belajar Sepanjang Hayat
Muhasabah Pagi: Perkuat Keimanan dengan Ilmu Pengetahuan dan Belajar Sepanjang Hayat /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Dalam al-Qur'an Allah SWT menjelaskan bahwa diangkat derajat seorang mu'min adalah ketika adanya keseimbangan antara keyakinan kepada Allah dengan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan (al-Mujadilah [58]:11).

Islam memandang ilmu merupakan suatu yang amat penting untuk memperkuat keimanan kita kepada Allah SWT, sekaligus membuktikan akan kebenaran firman-Nya maupun sunnah Rasul-Nya melalui pemikiran rasional, pada akhirnya dengan ilmunya itu akan makin dekat dan rasa takut akan kebesaran Allah SWT (Fathir [35]: 28).

Seyogyanya umat Islam adalah umat yang memiliki etos atau semangat mencari ilmu lebih dari yang lain, karena secara gamblang Rasulullah SAW memerintahkan umatnya untuk belajar sepanjang hayat min al-mahdi ila al-lahdi (long life education).

Baca Juga: Jadwal Acara NET TV Hari Kamis 3 Juni 2021: Ada Drakor Terbaru Hotel Del Luna Tayang Perdana, dan The Netizen

Semangat inilah yang dibangun pada masa-masa awal Islam dan pada masa kejayaan Islam, sehingga umat Islam pada masa itu identik dengan umat yang cerdas dan berilmu. Sehingga masjid tidak hanya sebagai tempat sholat saja, melainkan sebagai majelis-majelis keilmuan.

Berkaitan dengan hal tersebut maka menghadiri majelis-majelis ilmu untuk mempelajari dan mengkaji ayat-ayat Allah, sehingga faham dalam tataran konsep dan implementasinya, tidak hanya akan memberikan dampak positif dengan meningkatnya keimanan dan pengetahuan. Namun dampak positif lainnya, Allah akan memberikan ketenangan, serta rahmat-Nya kepada orang-orang tersebut.

Baca Juga: Jadwal Acara SCTV Hari Ini, Kamis 3 Juni 2021, Ada Siaran Langsung Sepakbola Timnas Indonesia vs Thailand

Rasulullah SAW bersabda:

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَه

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya (HR. Muslim). Semoga bermanfaat.***
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x