Muhasabah Pagi: Cara Mudah Mendapatkan dan Menjaga Ketenangan Hati

- 28 Mei 2021, 07:46 WIB
Muhasabah Pagi: Cara Mudah Menjaga Ketenangan Hati
Muhasabah Pagi: Cara Mudah Menjaga Ketenangan Hati /

Literasi News - Ketenangan hati dan kedamaian menjadi sesuatu yang berharga bagi siapapun, makanya tidak sedikit diantaranya yang mencari ketenangan dengan biaya mahal. Mereka tidak mempedulikan besarnya cost yang harus dikeluarkan demi mendapatkan ketenangan.

Dapat dilihat ketika weekend atau liburan panjang, tempat wisata dan tempat hiburan akan ramai dipadati pengunjung, termasuk pada masa pandemi seperti saat ini. Jika ditanya apa alasan para pengunjung tersebut ke sana, jawabannya hampir sama, yaitu refreshing agar pikiran kembali tenang.

Jika kita merujuk pada al-Quran keadaan tenang dan tentram diungkapkan salah satunya dengan menggunakan kata sakinah berasal dari kata sakana, maknanya diam atau tenangnya sesuatu yang telah bergejolak.

Baca Juga: Muhasabah Pagi: Jangan Sekali-kali Mengabaikan Shalat Sunnah

Dalam salah satu ayat al-Quran dijelaskan keadaan tenang itu merupakan kondisi hati seseorang yang akan didapatkan oleh siapapun melalui keimanan kepada Allah SWT yang ada pada hatinya.

Dia akan memperoleh hakikat ketenangan yang sebenarnya melalui keimanannya, ketika memperoleh ketenangannya itu maka akan berefek pada peningkatan keimanan yang telah ada sebelumnya.

Baca Juga: Siaran Langsung Final Liga Champion 2021, Duel Manchester City vs Chelsea Live di SCTV

Hal ini dijelaskan dalam salah satu firman Allah SWT yang menjelaskan:

هُوَ الَّذِىٓ أَنْزَلَ السَّكِينَةَ فِى قُلُوبِ الْمُؤْمِنِينَ لِيَزْدَادُوٓا إِيمٰنًا مَّعَ إِيمٰنِهِمْ  ۗ وَلِلَّهِ جُنُودُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ  ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

"Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Dan milik Allah-lah bala tentara langit dan bumi, dan Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana,"
(QS. Al-Fath [48]: Ayat 4).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x