Muhasabah Pagi : Waspada, Lisan dan Perbuatan, Dapat Menghabiskan Pahala Ibadah

- 6 Mei 2021, 07:35 WIB
Muhasabah Pagi : Waspada, Lisan dan Perbuatan, Dapat Menghabiskan Pahala Ibadah
Muhasabah Pagi : Waspada, Lisan dan Perbuatan, Dapat Menghabiskan Pahala Ibadah /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Ketika kita mendengar istilah bangkrut atau pailit, yang tergambar dalam persepsi kita seringkali kaitan dengan kondisi bisnis seseorang yang menderita kerugian besar, kondisi bisnisnya tidak sehat dan memaksa bisnisnya berhenti beroperasi.

Persepsi itu bisa jadi benar, namun istilah bangkrut atau pailit ini tidak hanya berkaitan dengan bisnis di dunia, Rasulullah SAW pernah menggunakan istilah ini berkaitan dengan kehidupan di akhirat kelak.

Ketika seseorang yang membawa pahala kebaikan dari ibadah sholat, shaum dan zakatnya, tetapi pada saat bersamaan dia tidak memperhatikan akhlak selama hidup di dunianya, menyakiti orang lain melalui lisan dan perbuatannya. Pada akhirnya habis semua pahala dari semua ibadahnya dan akhirnya dilemparkan ke neraka.

Baca Juga: BMKG Hari ini, Kamis 6 Mei 2021. Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Jawa Barat

Ini yang di jelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits di bawah ini:

وعن أبي هريرة رضي الله عنه، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال‏:‏ ‏”‏‏:‏أتدرون من المفلس‏؟‏‏”‏ قالوا ‏:‏ المفلس فينا من لا درهم له ولا متاع فقال‏:‏ ‏”‏إن المفلس من أمتي يأتي يوم القيامة بصلاة وصيام وزكاة، ويأتي قد شتم هذا، وقذف هذا وأكل مال هذا، وسفك دم هذا، وضرب هذا، فيعطى هذا من حسناته، وهذا من حسناته، فإن فنيت حسناته قبل أن يقضي ما عليه، أخذ من خطاياهم فطرحت عليه، ثم طرح في النار‏”‏ ‏(‏رواه مسلم‏)‏‏

“Apakah kalian mengetahui siapakah orang yang mengalami bangkrut (al-muflis)?”
Para sahabat menjawab “Orang yang bangkrut menurut kami adalah orang yang tidak memiliki sepeserpun dirham dan harta benda,” Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang mengalami kebangkrutan dari kalangan umatku adalah orang yang datang pada Hari Kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat.

Baca Juga: Pemerintah Akan Gelar Sidang Isbat Idul Fitri atau 1 Syawal 1442 H Pada 11 Mei 2021

Namun, pada saat yang sama, dia juga memikul dosa dari mencaci si fulan, menuduh si fulan berzina, dan memakan harta si fulan, dan menumpahkan darah si fulan, memukul si fulan (ketika masih hidup di dunia). Karena itu, sebagian pahala kebajikannya diberikan kepada si fulan, sebagian lagi kepada si fulan.

Dan ketika kebajikan-kebajikannya telah habis, sebelum dia dapat melunasi kesalahan- kesalahannya, maka kesalahan- kesalahan orang-orang itu diambil untuk kemudian ditimpakan kepada orang tadi. Maka, dia pun dilemparkan ke dalam neraka.“ (HR. Muslim)

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x