Muhasabah Pagi : Implementasikan Nilai-nilai Al-Qur'an Dalam Semua Dimensi Kehidupan

- 30 April 2021, 06:43 WIB
Muhasabah Pagi : Implementasikan Nilai-nilai Al-Qur'an Dalam Semua Dimensi Kehidupan
Muhasabah Pagi : Implementasikan Nilai-nilai Al-Qur'an Dalam Semua Dimensi Kehidupan /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Keyakinan kepada al-Qur'an sebagai firman Allah SWT yang diturunkan kepada Rasulullah SAW merupakan salah satu pilar dari bangunan keimanan seorang mu'min (al-Baqarah [2]: 4), hal ini juga dipertegas dalam sebuah hadits saat Rasulullah SAW ditanya oleh MalaikatJibril mengenai iman (lihat hadits riwayat Imam Muslim, No:120).

Keimanan pada al-Qur'an menempati posisi yang sangat penting dalam bangunan keimanan seorang mu'min karena hal ini berkaitan dengan keyakinan akan syari'at-Nya sebagai dasar aturan hidup manusia. Bahkan Allah SWT memberikan label kafir, dzolim dan fasiq bagi orang-orang yang tidak menjadikan petunjuk Allah SWT sebagai dasar hukum dalam kehidupan manusia (al-Maidah [5]: 44, 45, 47).

Al-Qur'an akan dirasakan sebagai petunjuk Allah SWT yang dapat memberikan kebaikan bagi kehidupan manusia secara keseluruhan jika nilai-nilai al-Qur'an dapat diimplementasikan dalam semua dimensi kehidupan manusia.

Baca Juga: Belajar dari Rumah, Jumat 30 April 2021. Panduan Pembelajaran di TV Edukasi Kemendikbud

Sejarah membuktikan bagaimana generasi awal Islam dapat mencapai kejayaannya ketika al-Qur'an bukan hanya dalam tulisan dan wacana saja. Pada waktu itu al-Qur'an sudah nampak dalam kehidupan sosial, ekonomi, politik serta kehidupan yang lebih luas.

Namun keyakinan kepada aturan Allah SWT dalam al-Qur'an sebagai sumber kebaikan untuk manusia ini akhir-akhir ini tengah diuji. Sebab seringkali faham-faham sekuler telah banyak mempengaruhi manusia modern saat ini, sehingga seolah aturan buatan manusia lebih baik baik dari aturan Allah SWT.

Sehingga wajar yang dikatakan kemajuan sosial, ekonomi dan politik bukan malah membawa rahmat bagi manusia, tetapi seringkali kemajuan itu semua malah menjadi bencana sosial, bencana ekonomi dan bencana politik bagi kehidupan manusia abad modern saat ini.

Baca Juga: BMKG Hari ini, 30 April 2021. Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang di Jawa Barat

Allah SWT berfirman:

إِنَّ هٰذَا الْقُرْءَانَ يَهْدِى لِلَّتِى هِىَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصّٰلِحٰتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x