Muhasabah Pagi : Shaum Ramadhan Mendidik Kepedulian Kepada Sesama

- 22 April 2021, 06:57 WIB
Muhasabah Pagi : Shaum Ramadhan Mendidik Kepedulian Kepada Sesama
Muhasabah Pagi : Shaum Ramadhan Mendidik Kepedulian Kepada Sesama /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Shaum Ramadhan menempati posisi sangat penting dalam agama Islam, sehingga menjadi salah satu dari lima pilar dalam bangunan agama.

Berbagai macam pendidikan ruhaniah untuk penyempurnaan iman menuju derajat taqwa, serta kemuliaan akhlaq bagi siapa pun yang mengikuti tarbiyah Allah SWT akan dirasakan oleh setiap orang beriman melalui ibadah ini, salah satunya adalah pendidikan empati atau peduli kepada sesama.

Karena bentuk ketidak pedulian kepada sosial seperti menelantarkan anak-anak yatim, dan tidak saling mengingatkan untuk peduli kepada sesama, menunjukkan tidak adanya eksistensi agama dalam diri seseorang (al-Mā'un [107]: 1-7).

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bulan Ramadan untuk Kota Cirebon Hari Ini Kamis, 22 April 2021

Melalui ibadah shaum, pendidikan peduli akan lebih terasa dibanding ibadah yang lainnya. Sebab pada ibadah ini kita merasakan langsung pengalaman spiritual melalui pengalaman lapar dan haus yang dialami oleh saudara-saudara kita yang mengalami hal serupa.

Penegasan dalam ayat yang lain bahwa kepedulian kepada sesama merupakan bagian yang sangat penting dari kualitas keimanan seseorang di hadapan Allah SWT (al-Hasyr [59]:9).

Rasulullah SAW merupakan role model (uswah hasanah) dalam hal kepedulian kepada sosial, seperti halnya dalam hadits yang disampaikan oleh Ibnu 'Abbas yang menyatakan:

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bulan Ramadan untuk Kota Bandung Hari Ini Kamis, 22 April 2021

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ

Keadaan Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan dalam memberikan kebaikan, dan Beliau sangat lebih dermawan lagi ketika di bulan Ramadhan (HR. Bukhari).

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x