Muhasabah Pagi : Keutamaan Hari Jumat, Siapkan Do'a do'a Terbaik Kita

- 5 Maret 2021, 06:27 WIB
Muhasabah pagi: Keutamaan Hari Jumat, Siapkan do'a do'a terbaik kita /Hasbi NR/Literasi News

Literasi News - Alhamdulillaah pagi ini kita memasuki hari jum'at, sayyidul ayyam atau penghulunya semua hari. Hari yang istimewa ini di dalamnya banyak keutamaan. Salah satu keutamaanya adalah terdapat waktu diijabahnya do'a yaitu waktu setelah ashar.

Sebagaimana dalam hadits Nabi SAW yang menyatakan:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً لاَ يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللهَ شَيْئًا إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Pada hari Jum’at terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar. (HR. Abu Dawud).

Baca Juga: Mutasi Virus Corona B117 Sudah Masuk Kabupaten Cianjur ? Simak Penjelasannya

Banyak cara untuk mendapatkan keutamaan pada waktu tersebut, dengan tetap tinggal di masjid setelah shalat ashar, utamanya akhir waktu ahsar atau menjelang magrib adalah saat yang paling utama.

Atau berada di masjid menjelang magrib kemudian shalat tahiyatul masjid, berdoa sampai akhir waktu ashar. Bagi ibu-ibu dapat dilaksanakan di rumah, berdoa kepada Allah SWT sampai akhir waktu ashar.

Semoga kita dapat memanfaatkan keutamaan ini untuk memohon kebaikan dunia dan akhirat. Siapkan do'a-do'a terbaik kita untuk kita panjatkan kepada Allah SWT pada hari yang baik ini. Semoga bermanfaat.***
(H. Asep Dadan Wildan, M.A)

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X