Google Janjikan Bantuan 154Miliar untuk Bangkitkan Ekonomi Indonesia

- 21 November 2020, 20:52 WIB
Managing Director Google Indonesia, Randy Yusuf.
Managing Director Google Indonesia, Randy Yusuf. /Foto: Tangkap layar akun YouTube Google Indonesia /Literasi News

Literasi News - Google menyiapkan dana bantuan senilai 11 juta US Dollar untuk membantu pemulihan perekonomian Indonesia yang terdampak pandemi covid-19.

Dalam siaran pers melalui surel dari Google Indonesia, bantuan dana dengan total nilai lebih dari Rp154 miliar itu di antaranya disiapkan untuk membantu permodalan para pelaku UMKM yang terdampak pandemi. 

Google Indonesia menyiapkan dana senilai 10 juta US Dollar atau sekitar 140 milyar untuk UMKM dalam bentuk pinjaman modal. Penyaluran dana pinjaman modal UMKM ini dilakukan melalui kemitraan dengan Kiva untuk seluruh daerah di Indonesia.

Baca Juga: Begini Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan Suara Pilkada Cianjur ditengah Pandemi Covid-19

Managing Director Google Indonesia, Randy Yusuf mengatakan, UMKM dinilai perlu mendapatkan dukungan dari pemerintah maupun pihak lain agar tetap bertahan.

“Google menyediakan US$10 juta dalam bentuk pinjaman modal untuk membantu pemilik UKM agar lebih siap dalam menghadapi masa sulit ini. Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi COVID-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia,” jelas Randy Jusuf.

Dari 11Juta USD itu, Google mengalokasikan bantuan 1 juta US Dollar atau 10 milyar untuk meningkatkan sumber daya manusia para pemuda Indonesia dalam mewujudkan lapangan kerja dan melawan penambahan angka pengangguran.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Juara 1, 2, dan 3 Semua Cabang serta Golongan MTQ Nasional XXVIII Tahun 2020

Bantuan bagi para pemuda Indonesia tersebut diberikan dalam bentuk pelatihan keterampilan. Google bekerja sama dengan Plan International dalam penyelenggaraan pelatihan.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x