3 Hal Penting Terkait Pemilu 2024 dan Ada 3 Hasil Pemilu, Simak Selengkapnya

- 27 Agustus 2022, 20:03 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari: 3 Hal Penting Terkait Pemilu 2024 dan Ada 3 Hasil Pemilu
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari: 3 Hal Penting Terkait Pemilu 2024 dan Ada 3 Hasil Pemilu /KPU RI/

Literasi News - 3 hal penting yang terkait pemilu 2024 adalah peserta, pemilih, dan kegiatan pemilih. Demikian halnya dengan aspek paling utama dari pemilu adalah asas langsung. Dalam kajian hukum tata negara, pemilu masuk menjadi subjek kajian terutama topik tentang pengisian jabatan kenegaraan, bisa ditunjuk, diangkat, atau dipilih.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat menjadi narasumber Bincang Pembangunan Seri VI dengan tema Menyongsong Pemilu 2024: Kesiapan, Antisipasi, dan Proyeksi diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kemarin.

Ada tiga hal penting yang berkaitan dengan pemilu, menurut Hasyim, seperti dilansir literasinews dari laman resmi kpu, ketiga hal penting itu yakni peserta, pemilih, dan kegiatan pemilihan itu sendiri. KPU konsentrasi pada tiga hal tersebut.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Hari Ini, 27 Agustus 2022: Arsenal vs Fulham Live SCTV, Liverpool, MU, & Chelsea di Vidio

Pertama, siapa yang dipilih. "Pesertanya bisa macam-macam, untuk Pilpres pesertanya pasangan calon. Kemudian, untuk Pemilu DPR, DPRD provinsi kabupaten/kota, pesertanya adalah partai politik.  Pemilu DPD, pesertanya adalah calon. Demikian juga untuk Pilkada 2024, pesertanya adalah pasangan calon,” papar Hasyim.

Kedua, siapa yang dapat memilih. Pemilih adalah warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat tertentu dan terdaftar, maka kemudian KPU melakukan kegiatan pendaftaran pemilih mulai bulan Oktober. Jadi, di tengah-tengah kegiatan pendaftaran parpol sampai penetapan parpol, ada kegiatan pendaftaran pemilih.

Ketiga, setelah ada siapa yang dipilih (peserta pemilu - red), ada calon, dan ada yang memilih, kegiatan utamanya adalah voting operation dan counting operation di TPS. Kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS sampai rekapitulasi serta penetapan hasil pemilu.

Baca Juga: Jadwal MotoGP 2022 di Trasn7 3-4 September 2022: Cek Jam Tayang Kualifikasi & Live Race GP San Marino Misano

Hasyim juga menjelaskan tiga hasil pemilu, yakni suara, kursi, dan calon terpilih. Hasil pemilu adalah untuk memastikan tiga hal tersebut, maka ada sarana untuk memastikan.

Sarana itu antara lain sarana untuk mengekspresikan pilihan, sarana untuk mendokumentasikan atau administrasi pemilihan. Terkait hal ini KPU menyiapkan surat suara dan formulir. Baik formulir untuk penghitungan suara di TPS maupun untuk formulir rekapitulasi berjenjang sampai tingkat nasional.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x