Sesar Garsela, Pemicu Gempa Kabupaten Bandung yang Masih Menjadi Misteri

- 4 November 2020, 14:23 WIB
Pergeseran sesar Garsela menjadi penyebab Gempa Kabupaten Bandung pada Minggu 1 November 2020 lalu, hingga saat ini masih menjadi misteri bagi kalangan peneliti.
Pergeseran sesar Garsela menjadi penyebab Gempa Kabupaten Bandung pada Minggu 1 November 2020 lalu, hingga saat ini masih menjadi misteri bagi kalangan peneliti. /Foto: BMKG/

Literasi News - Gempa berkekuatan 4.0 Magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Bandung dan Garut, Jawa Barat pada Minggu 1 November pukul 21.34.09 WIB, dipicu oleh pergeseran sesar Garut Selatan (Garsela).

Gempa tektonik  itu dirasakan diwilayah Ciparay, Majalaya, Baleendah, Soreang, Parompong, Pangalengan, Banjaran, dan bebrapa wilayah di Bandung Selatan lainnya.

“Catatan BMKG sejak 2008 mengungkap adanya kluster aktivitas kegempaan/seismisitas di zona sesar ini yang mengindikasikan bahwa Sesar Garsela ini merupakan sesar aktif,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG,  Daryono, dalam cuitan twitternya, @DaryonoBMKG pada Senin, 2 November 2020.

Baca Juga: Apabila Aman, SMP dan SD di Sumedang Bisa Segera Gelar KBM Tatap Muka Lagi

Berikut fakta mengenai sesar garsela yang menjadi penyebab gempa di Banding Selatan pada 1 November lalu :

  1. Sesar yang paling aktif di Jawa Barat

Selain sesar lembang, sesar garsela merupakan sesar aktif yang berada di Jawa Barat, seperti keterangan Daryono dalam cuitanya.

“Sesar Garsela merupakan salah satu struktur sesar yang paling aktif di Jawa Barat, sehingga patut diwaspadai. Kewaspadaan terhadap adanya sesar aktif ini dinilai perlu menjadi perhatian semua pihak,”katanya.

Baca Juga: Hasil Tes Usap, 35 Santri Salah Satu Pondok Pesantren di Cianjur Dinyatakan Positif Covid-19

  1. Sangat dangkal dan merusak

Menurut Daryono gempa yang disebabkan oleh sesar garsela kekuatanya tidak lebih dari 5.0 magnitudo, namun sesar ini berada di tempat yang dangkal, sehingga berpotensi merusak permukaan.

Halaman:

Editor: Atep Abdillah Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x