Kesadaran dan Disiplin Wisatawan Menerapkan Protokol Kesehatan masih Rendah

- 1 November 2020, 16:23 WIB
Kesadaran Wisatawan mematuhi protokol kesehatan masih rendah
Kesadaran Wisatawan mematuhi protokol kesehatan masih rendah /Literasi News/Angga

Literasi News - Kesadaran dan disiplin wisatawan dalam mematuhi aturan protokol kesehatan saat berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat masih rendah.

Kondisi itu terlihat dengan masih banyaknya wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah Cianjur yang terjaring operasi yustisi karena kedapatan tak menggunakan masker.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur Hendri Prasetyadi mengatakan, operasi yustisi digelar di sejumlah destinasi wisata Kabupaten Cianjur.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Libur Panjang, Tol Cipali mulai Diberlakukan Penyekatan

Upaya itu, lanjut Hendri, untuk meningkatkan disiplin dan kesadaran masyarakat maupun wisatawan dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Bertepatan libur panjang ini, kami gencar melakukan operasi yustisi di lokasi-lokasi wisata, seperti Kebun Raya Cibodas (KRC), Kota Bunga, dan Taman Bunga. Ternyata masih banyak wisatawan lokal maupun luar daerah Cianjur yang tak menggunakan masker. Rata-rata mereka mengaku lupa menggunakannya," kata Hendri, kepada wartawan, Minggu 1 November 2020.

Tak hanya diberikan sanksi fisik, sambung Hendri, para wisatawan yang terjaring operasi yustisi juga langsung dilakukan rapid test.

Baca Juga: Antisipasi Arus Balik Libur Panjang, Tol Cipali mulai Diberlakukan Penyekatan

"Sebagian besar memang wisatawan dari wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mereka juga kami lakukan rapid test. Jika memang ada yang reaktif, tim medis akan melakukan swab test dan segera mengembalikan wisatawan ke daerah asalnya," jelasnya.

Hendri berharap momen libur panjang akhir pekan ini tidak menimbulkan bertambahnya kasus penyebaran dan penularan Covid-19 di Kabupaten Cianjur.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah