Banjir Bandang kembali Melanda Wilayah Selatan Kabupaten Cianjur, Ratusan Rumah Terendam

- 26 Oktober 2020, 12:33 WIB
Banjir kembali melanda wilayah selatan Cianjur, ratusan rumah tergenang
Banjir kembali melanda wilayah selatan Cianjur, ratusan rumah tergenang /Literasi News/Angga

Literasi News - Banjir bandang kembali menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu 24 Oktober 2020 malam. Kecamatan yang diterjang bencana kali ini di antaranya Sindangbarang, Leles, dan Agrabinta.

Sedikitnya 400 rumah warga di Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang, Cianjur terendam banjir akibat meluapnya sungai yang ada di wilayah itu. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu. Namun puluhan kepala keluarga sempat diungsikan ke aula kantor desa setempat.

"Kejadiannya sekitar pukul 21.00 WIB, sebelumnya diguyur hujan sejak sore hari. Ada tiga kampung yang terdampak banjir, yakni Cimahi, Garogol, dan Nyalindung. Total sekitar 400 rumah terendam, dengan ketinggian air 75 centimeter," ujar Kepala Desa Jayagiri Endang Solehuddin, Senin 26 Oktober 2020.

Baca Juga: Luka Terlalu Parah, Macan Tutul yang Diduga Terkena Jerat Babi Hutan di Ciwidey Akhirnya Mati

Endang mengungkapkan, banjir bandang yang terjadi akibat penyempitan Sungai Ciwaduk karena adanya peninggian jalan nasional.

"Lebar sungai kini hanya 10 meter dan kedalamannya tiga meter. Sampai saat ini tidak ada pengerukan sehingga air mudah meluap. Selain itu, tidak ada gorong-gorong di sekitar kampung tersebut," ucapnya.

Camat Sindangabarang Djoko Purnomo, mengatakan meski banjir merendam raturan rumah, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Beberapa warga sudah mulai dievakuasi ke tenda darurat dan aula yang disiapkan di Kantor Desa Jayagiri.

Baca Juga: 6 Tips Melindungi Anak Dari Kekerasan Fisik dan Kekerasan Seksual

"Tidak ada korban jiwa. Warga yang rumahnya terdampak cukup parah sudah diungsikan, untuk mengantisipasi jika terjadi banjir susulan, karena intensitas hujan cukup tinggi," tandas Joko.

Sementara itu, Staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Wahyu, mengungkapkan banjir bandang yang menerjang kawasan Desa Jayagiri, Kecamatan Sindangbarang merupakan bencana tahunan yang kerap terjadi.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x