Banjir Bandang dan Longsor Landa Dua Kecamatan di Cianjur

- 3 Oktober 2020, 08:56 WIB
Banjir Bandang dan longsor melanda dua kecamatan di Kabupaten Cianjurj, Sabtu dini hari.
Banjir Bandang dan longsor melanda dua kecamatan di Kabupaten Cianjurj, Sabtu dini hari. /Foto : Angga/
Literasi News - Bencana banjir bandang dan longsor menerjang dua kecamatan di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, yaitu Kecamatan Leles dan Kecamatan Agrabinta, Sabtu 3 Oktober 2020 dini hari. 
 
Berdasarkan informasi, banjir bandang menerjang Desa Pusakasari dan Sukaputra di Kecamatan Leles. Penyebab banjir diduga berasal dari meluapnya air sungai yang membentang di wilayah itu. Sungai melua0 akibat derasnya hujan yang terjadi di kawasan itu sejak sore hari, kemarin. 
 
Kapolsek Agrabinta, Ajun Komisaris Ipid Saputra, mengatakan, bencana banjir bandang dan tanah longsor yang menerjang dua kecamatan terjadi pada Sabtu sekitar pukul 01.45 WIB. 
 
 
Selain merendam ruas jalan utama dan sejumlah rumah milik warga yang ada di wilayah itu, lanjut Ipid, sejumlah titik jalan di dua kecamatan itu pun tertutup longsor. 
 
"Hujan lebat yang mengguyur wilayah tersebut mengakibatkan sungai yang tak jauh dari ruas jalan meluap, menggenangi ruas jalan dan merendam sejumlah rumah penduduk sekitar," kata Ipid.
 
Ipid menyebutkan, ketinggian air sempat mencapai setinggi dada orang dewasa. Namun genangan tak berlangsung lama, saat ini air sudah surut.  "Kami masih melakukan pendataan dan penanganan. Tidak ada laporan korban jiwa, hanya kerugian materil saja," ujarnya. 
 
 
Ipid mengungkapkan, untuk warga yang terdampak bencana banjir bandang dan tanah longsor saat ini sudah di evakuasi ke lokasi yang lebih aman. 
 
"Akses jalan yang terendam sudah bisa dilalui kendaraan, namun aliran listrik belum menyala. Sementara untuk penanganan tanah longsor yang menutupi badan jalan masih menunggu alat berat dari Dinas PUPR Kabupaten Cianjur," ucapnya.***

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x