Gempa M 4.2 Guncang Barat Daya Pangandaran

- 28 September 2020, 12:26 WIB
/Foto bmkg/
Literasi News - Gempa terjadi di wilayah Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dan sekitarnya. Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi tektonik berkekuatan M=4.2, Senin (28/9/2020) pukul 10:49 WIB.
 
Episenternya terletak pada koordinat 8.27 LS dan 108.23 BT, atau lokasi tepatnya ada di laut pada jarak 69.53 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.
 
Demikian disampaikan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho melalui keterangan tertulis di laman bmkg.go.id., Senin (28/9/2020). Ia mengatakan hingga pukul 11:06 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).
 
 
Hendro mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Apalagi hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. 
 
"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (https://balai2.bmkg.go.id/ atau https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," katanya.
 
Ia mengungkapkan dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas II MMI (*Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang*). 
 
 
"Apabila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia," ujarnya.
 
Selain itu BMKG juga mengingatkan warga agar mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir serta angin kencang, sore hingga malam hari. Itu akan terjadi di wilayah Kab. Bogor, Kota Bogor, Kab Bekasi, Kota Depok, Kab. Sukabumi, Kab. Cianjur, Kab. Bandung, Kab. Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Karawang, Kab Purwakarta.***

Editor: Hasbi

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x