Menaker Ida Fauziyah: Penempatan Pekerja Migran Indonesia Terus Meningkat

- 21 Desember 2023, 11:36 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberi keterangan di peringatan Hari Migran Internasional di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin 18 Desember 2023.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberi keterangan di peringatan Hari Migran Internasional di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin 18 Desember 2023. / ANTARA/Ruth Intan Sozometa./

Litetasi News - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI menyampaikan bahwa jumlah penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) mengalami tren peningkatan pasca-pandemi COVID-19. 

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangannya mengatakan, jumlah penempatan PMI pada 2021 mencapai 72.624 orang. Kemudian, lanjutnya, pada 2022 sebanyak 200.761 orang dan per November 2023 sebanyak 257.460 orang.

"Jadi peningkatannya sudah sangat signifikan," ujarnya.

Menaker menyebut, para pekerja migran Indonesia ditempatkan di berbagai sektor di negara-negara penempatan. Dengan jumlah peningkatan tersebut, kata dia, maka ada remitansi yang meningkat dari para pekerja migran Indonesia sekitar Rp160 triliun.

Baca Juga: Saat Menaker Terkesima Koleksi Baru Pakaian Muslim Albis Group dan Olla On Ethnic

"Itu luar biasa menyumbang devisa yang tidak kecil bagi perekonomian kita," kata Menaker.

Namun demikian, Menaker mengatakan bahwa penempatan pekerja migran Indonesia di luar negeri masih memiliki sejumlah tantangan besar ke depan.

Pertama, jelasnya, 54 persen peminat bekerja ke luar negeri tingkat pendidikannya masih didominasi SMP ke bawah. Kedua, 61 persen jumlah penempatan PMI masih didominasi perempuan yang bekerja pada pemberi kerja perseorangan yaitu care giver dan house maid.

Baca Juga: Kage no Jitsuryokusha ni Naritakute Season 3 Kapan Rilis? Cek Informasi Terbaru

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x