Pertanyakan Akurasi Data di Aplikasi Sidalih KPU, LPP PKC PMII Jabar Temukan Sejumlah Keganjilan

- 13 April 2023, 14:56 WIB
Koordinator LPP PKC PMII Jabara Balyan Saeful Ahkam.
Koordinator LPP PKC PMII Jabara Balyan Saeful Ahkam. /Literasi News


Literasi News - Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) PKC PMII Jabar soroti tidak akurasinya data pemilih di aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU, mereka menyebut di beberapa kota ada data pemilih yang tidak singkron.

 

"Aplikasi Sidalih KPU yang sejatinya untuk mempermudah justru yang terjadi banyak ketimpangan dan akurasi data yang tidak sesuai," kata Koordinator LPP PKC PMII Jabar Balyan Saeful Ahkam kepada Literasinews.com Kamis, 13 April 2023.

Kendati tidak merinci secara persis daerah mana saja di Jawa Barat yang tidak sesuai data pemilihnya di aplikasi Sidalih ini, Balyan menyebut pihaknya menemukan keganjilan data ini di beberapa kota kabupaten.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Segera Dibuka, Cek Jadwal Lengkap dan Tahapannya

"Bahkan ada di beberapa kota kabupaten Hak pemilih menjadi banyak dan ada juga yang jadi berkurang, selisih inilah yang menjadi pertanyaan kita," ujar Balyan.

Selanjutnya ia menerangkan seharusnya sidang pleno yang dilakukan di tingkat desa menjadi rujukan untuk di kecamatan dan kecamatan menjadi rujukan di kota/kabupaten.

"Sedangkan hasil pleno yang di pakai di tingkat kabupaten/ Kota tidak menggunakan hasil pleno manual di tingkat kecamatan, tentu ini menjadi tumpang tindih harusnya dari pleno tersebut, data yang di pakai harus sisitematis jangan ada data yang tidak sesuai, apalagi menimbulkan banyak polemik di masyarakat," papar dia.

Ada Warga yang Sudah Meninggal Masih Tercatat Sebagai Pemilih

Halaman:

Editor: Abdul Rokib


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x