Gunung Anak Krakatau Erupsi, PVMBG: Lontarkan Abu Setinggi 100 Meter, Status Level III atau Siaga

- 4 Januari 2023, 20:25 WIB
Gunung Anak Krakatau atau GAK kembali erupsi, Rabu 4 Januari 2023.
Gunung Anak Krakatau atau GAK kembali erupsi, Rabu 4 Januari 2023. /Dokumen PVMBG

Literasi News - Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi pada hari ini Rabu 4 Januari 2023.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Anak Krakatau itu melontarkan abu setinggi 100 meter.

Menurut Petugas Pos Pantau Gunung Anak Krakatau, Ade Yasser Akhmad Purwata, mengatakan erupsi Gunung Anak Krakatau yang berada di pulau yang masuk Provinsi Lampung itu terjadi pukul 14.10 WIB.

"Tinggi kolom abu teramati lebih kurang 100 meter di atas puncak (Gunung Anak Krakatau setinggi lebih kurang 257 meter di atas permukaan laut, red.)," katanya dalam keterangan yang diterima Antara di Jakarta.

Ia menjelaskan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi itu terekam pada seismogram dengan amplitudo maksimum 40 milimeter dan durasi lebih kurang 20 detik.

Baca Juga: Wisatawan Harus Waspadai Gelombang Tinggi Laut Selatan Jabar-Jateng-DIY, Ini Peringatan BMKG

Status aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau saat ini masih berada Level III atau Siaga, dengan rekomendasi masyarakat agar tidak mendekati gunung api tersebut atau tidak beraktivitas dalam radius 5 kilometer dari kawah aktif.

Catatan sejarah kegiatan vulkanik Gunung Anak Krakatau sejak lahirnya pada 11 Juni 1930 hingga 2000, telah mengalami erupsi lebih dari 100 kali, baik bersifat eksplosif maupun efusif.

Dari sejumlah letusan tersebut, umumnya titik letusan selalu berpindah-pindah di sekitar tubuh kerucutnya. Waktu istirahat berkisar satu hingga 8 tahun, dan umumnya terjadi 4 tahun sekali berupa letusan abu dan lelehan lava.***

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x