BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta

- 1 September 2022, 10:55 WIB
Ilustrasi gelombang laut tinggi.* Masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi di Laut Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.
Ilustrasi gelombang laut tinggi.* Masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi di Laut Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. /Pixabay

Literasi News - Masyarakat agar mewaspadai gelombang tinggi di Laut Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Demikian peringatan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) Tunggul Wulung Cilacap.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stamet Tunggul Wulung, Teguh Wardoyo, menjelaskan, gelombang tinggi masih berpotensi terjadi hingga akhir pekan ini.

"Namun, tinggi gelombangnya tidak setinggi beberapa hari sebelumnya yang mencapai kisaran 4-6 meter atau masuk kategori sangat tinggi," katanya di Cilacap, Jateng, Kamis 1 September 2022, seperti dilansir Antara.

Terkait dengan hal itu, menurut Teguh, BMKG Stamet Tunggul Wulung pada Kamis 1 September 2022 kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar, Jateng, dan DIY yang berlaku hingga hari Jumat 2 September 2022 dan akan segera diperbarui jika ada perkembangan lebih lanjut.

Baca Juga: Subsidi BBM dan Gas Kurang Tepat Sasaran, 40 Persen Penduduk Termiskin Justru Tidak Menikmati

Dia mengatakan, peringatan dini tersebut dikeluarkan karena tinggi gelombang 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi berpotensi terjadi di wilayah perairan selatan Jabar hingga DIY maupun Samudra Hindia selatan Jabar hingga DIY.

Gelombang tersebut dipicu oleh pola angin di wilayah selatan Indonesia yang dominan bergerak dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

"Tiupan angin yang cenderung searah akan memicu terjadinya peningkatan tinggi gelombang," tuturnya.

Oleh karena itu, kata Teguh, seluruh pengguna jasa kelautan maupun masyarakat di wilayah pesisir selatan Jabar hingga DIY diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap gelombang tinggi.

Sebelumnya, gelombang tinggi yang terjadi pada hari Selasa 30 Agustus 2022 pagi telah merusak lima bangunan warung di Pantai Indah Widarapayung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap.

Halaman:

Editor: Hasbi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x