Wisatawan Harus Waspadai Gelombang Tinggi Laut Selatan Jabar-Jateng-DIY, Ini Peringatan BMKG

- 27 Desember 2022, 15:58 WIB
Ilustrasi Pantai Selatan.* Wisatawan agar mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jabar hingga DIY.
Ilustrasi Pantai Selatan.* Wisatawan agar mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jabar hingga DIY. /Pixabay/dimitrisvetsikas1969/

Literasi News - Wisatawan yang berencana berlibur ke pantai selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) agar mewaspadai potensi terjadinya gelombang tinggi di laut selatan Jabar hingga DIY.

Peringatan adanya potensi terjadinya gelombang tinggi laut di wilayah tersebut disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, saat liburan akhir tahun, kawasan wisata pantai menjadi salah satu objek wisata pilihan masyarakat untuk berlibur.

"Namun, wisatawan harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya gelombang tinggi," katanya di Cilacap, Jateng, Selasa 27 Desember 2022.

Teguh Wardoyo menjelaskan bahwa berdasarkan hasil analisis, pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Baca Juga: Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem di Penghujung Tahun 2022 dan Awal 2023, Berikut Langkah BNPB

Menurut dia, gerakan angin yang cenderung searah dengan kecepatan tinggi tersebut berpotensi mengakibatkan terjadinya peningkatan tinggi gelombang.

"Oleh karena itu, hari ini (27/12) kami kembali mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY yang berlaku hingga hari Rabu (28/12) dan akan diperbarui jika ada ada perkembangan lebih lanjut," katanya.

Dalam hal ini, tuturnya, tinggi gelombang di laut selatan Jabar-DIY diprakirakan mencapai kisaran 2,5-4 meter yang masuk kategori tinggi.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x