Waspada Banjir dan Longsor di Sebagian Wilayah Indonesia, Berikut Peringatan BMKG

- 15 Oktober 2022, 08:44 WIB
Ilustrasi banjir.* Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap banjir dan longsor akibat kondisi cuaca berupa hujan lebat di sebagian wilayah di Indonesia.
Ilustrasi banjir.* Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap banjir dan longsor akibat kondisi cuaca berupa hujan lebat di sebagian wilayah di Indonesia. /Pixabay.com/jsptoa

Literasi News - Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap banjir dan longsor akibat kondisi cuaca berupa hujan lebat di sebagian wilayah di Indonesia.

Peringatan agar waspada terhadap banjir dan longsor itu disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari laman resminya, Sabtu 15 Oktober 2022.

Disebutkan BMKG, daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat yang bisa menyebabkan banjir dan longsor seperti di wilayah Sumatera Utara terutama di pegunungan, lereng timur dan pesisir timur.

Selain itu di sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah yang berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan disertai angin kencang. Sehingga masyarakat diminta untuk mewaspadai adanya banjir, tanah longsor, angin kencang, kilat dan pohon tumbang.

Peringatan hujan lebat disertai kilat, dan angin kencang juga terjadi di wilayah Aceh, DKI Jakarta, Gorontalo, Lampung, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Bandung Hari Ini, Hujan Sedang Siang dan Sore, Hujan Ringan Malam, Sabtu 15 Oktober 2022

Begitupun di wilayah Jawa Timur, agar waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Gresik.

Pada siang sampai sore hari di wilayah Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso. Malam hari di wilayah Surabaya, Gresik, Tuban dan Bangkalan.

Hujan dengan intensitas sedang dan lebat disertai angin kencang pada siang dan sore hari juga akan terjadi di Bengkulu, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatera Barat.

Hujan pada siang dan malam dengan intensitas sedang hingga lebat juga terjadi di wilayah Sulawesi Tengah dan Sumatera Selatan dengan durasi singkat. Dan Kalimantan Utara akan berpotensi hujan sedang dan lebat pada sore, malam dan dini hari.

Halaman:

Editor: Dipo Sasono

Sumber: BMKG Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x