Media Asing Sorot Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan sebagai Tragedi ‘Bersejarah’ Sepak Bola Internasional

- 2 Oktober 2022, 17:08 WIB
Media Asing Sorot Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan sebagai Tragedi ‘Bersejarah’ Sepak Bola Internasional.
Media Asing Sorot Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan sebagai Tragedi ‘Bersejarah’ Sepak Bola Internasional. /IG @aremafcofficial

Literasi News – Tragedi kerusuhan dalam pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Kanjuruhan Malang menjadi sorotan berbagai pihak, termasuk media asing.

Salah satu sorotan datang jurnalis Al Jazeera, Jessica Washington, yang menyebut kerusuhan dan kekerasan sebagai “kebiasaan” dalam sepak bola Indonesia.

Namun, menurutnya peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan adalah bencana yang hampir belum pernah terlihat dalam event olah raga.

Baca Juga: Sinopsis Little Woman Drakor di Netflix Tayang Sabtu-Minggu: Adopsi Novel Klasik Amerika Lampaui Rating Blind

“Kekerasan dan kerusuhan adalah hal yang biasa terjadi pada pertandingan sepak bola di Indonesia, tapi kami belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya,” katanya dikutip Literasi News dari Al Jazeera.

“Ini adalah tragedi bersejarah, tidak hanya untuk sepak bola di Indonesia tetapi juga sepak bola internasional. Ini adalah salah satu tragedi terbesar yang pernah dilihat olahraga ini (sepak bola), dalam hal kekerasan penggemar, dalam hal kematian penggemar di sebuah pertandingan,” tambahnya.

Tak dipungkiri, kerusuhan yang terjadi dan menewaskan setidaknya 174 orang di Stadion Kanjuruhan menjadi salah satu tragedi terbesar sepanjang sejarah sepak bola internasional.

Baca Juga: Tolak Kenaikan Tarif Retribusi, Pedagang Pasar Wisata Cibodas Blokir Gerbang Masuk

Al Jazeera mencatat, tragedi terbesar dalam pertandingan sepak bola terjadi pada 1964 saat Peru bertanding melawan Argentina di Stadion Nasional Lima dengan korban tewas sebanyak 320 orang.

Dua peristiwa terbaru pernah terjadi di Stadion Yaounde Olembe Kamerun pada 2022 lalu jelang laga babak 16 besar melawan Komoro.

Halaman:

Editor: Yuanitasari ciptadi

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x