Sekelompok Owa Jawa yang Langka dan Dilindungi Terpantau di Gunung Pabeasan Naringgul Kabupaten Cianjur

- 14 Juni 2021, 21:22 WIB
Ilustrasi. Sekelompok Owa Jawa yang Langka dan Dilindungi Terpantau di Gunung Pabeasan Naringgul Kabupaten Cianjur
Ilustrasi. Sekelompok Owa Jawa yang Langka dan Dilindungi Terpantau di Gunung Pabeasan Naringgul Kabupaten Cianjur /Dok. Pertamina EP

Literasi News - Sekelompok Owa Jawa (Hylobates moloch) terpantau di kawasan Hutan Lindung Gunung Pabeasan, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Primata langka yang dilindungi itu terlihat bergelantungan di dahan pohon di dalam kawasan hutan lindung oleh warga sekitar dalam beberapa hari terakhir.

Petugas Perhutani, Nanang mengungkapkan ada sekitar 10 ekor Owa Jawa yang terpantau beraktivitas di kawasan hutan lindung milik Perhutani itu.

Bahkan seekor di antaranya terpantau menggendong anaknya sembari bergelantungan di dahan pohon yang ada di kawasan hutan lindung itu.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Siap Menjalankan Rencana Pusat Memberlakukan PPN Sembako dan Jasa Pendidikan

"Sudah beberapa hari terakhir ini terpantau beraktivitas dengan bergelantungan di dahan-dahan pohon yang ada di kawasan hutan lindung. Jumlahnya sekitar 10 ekor, bahkan seekor di antaranya terlihat menggendong anaknya," kata Nanang, kepada wartawan, Senin 14 Juni 2021.

Dengan temuan itu, jelas Nanang, jajarannya langsung berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Gunung Simpang.

"Hampir dua tahun lalu, dan beberapa hari terakhir ini kembali terlihat dan terpantau. Jumlahnya pun semakin bertambah," ujarnya.

Baca Juga: Belasan warga Kampung Pasar, Desa Cikidangbayabang, Mande Cianjur Terkena Chikungunya

Nanang berharap, kehadiran primata langka dan dilindungi itu dapat menambah koleksi dan keunikan obyek wisata di wilayah Naringgul khususnya Gunung Pabeasan yang kerap didatangi mahasiswa dan peniliti hewan dari berbagai daerah di Indonesia.

Halaman:

Editor: Hasbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah